Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X SMA NEGERI 11 Pangkep

Penulis

  • Fitriyani Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Rahma Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Munirah Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v1i4.671

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Powtoon, Hasil Belajar

Abstrak

Keberadaan media pembelajaran dalam suatu proses pembelajaran memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan efektifitas proses komunikasi  dan mempermudah proses penyampaian ilmu pengetahuan yang disampaikan oleh guru kepada siswa. Powtoon  yang menjadi variabel pada penelitian, dikarenakan Software  ini masih tergolong jarang digunakan oleh guru dibandingkan dengan media berbasis powerpoint. Padahal powtoon  ini dipandang sangat bisa diterapkan dalam bidang studi Infromatika di SMA Negeri 11 Pangkep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan memanfaatkan media pembelajaran  Powtoon pada mata pelajaran informatika kelas X Habibie di SMA Negeri 11 Pangkep. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu One Group Pretest-Posttest, dimana penelitian dilakukan dengan membandingkan keadaan sebelum dan sesudah pembelajaran. Dalam desain penelitian ini kelas eskperimen diberi tes awal (pretest) pada awal pertemuan untuk mengetahui pengetahuan awal siswa sebelum diberikan pembelajaran Informatika dengan menggunakan media pembelajaran Powtoon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran powtoon berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Terlihat dari hasil belajar yang berkategori tuntas dengan menunjukkan nilai posttest siswa setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan Powtoon pada mata pelajaran Informatika bahwa hanya 1 siswa atau dengan presentase 2.85% dengan dengan kategori tidak tuntas dan terdapat presentase 97,15% atau 34 siswa dengan kategori tuntas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alannasir, W. (2016). Pengaruh penggunaan media animasi dalam pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Mannuruki. Journal of Educational Science and Technology (EST), 81

Ariyanto, R., Kantun, S., & Sukidin, S. (2018). Penggunaan media Powtoon untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar mendeskripsikan perilaku-perilaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekomomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 122

Hasibuan, I. (2015). Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Peluang, 4(1), 5–11.

Indira, A. T. (2017). Perilaku Bertelur dan Siklus Hidup Aedes Aegypti Pada Berbagai Media Air. Jurnal Biologi , 71-81.

Jaedun, A. (2011). Oleh: Amat Jaedun. Metodologi Penelitian Eksperimen, 0–12

Nurdiansyah, E., El Faisal, E., & Sulkipani (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis Powtoon pada perkuliahan kewarganegaraan. Jurnal Civics, 15

Nurindah, K. (2021). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Animasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia . Akademika Jurnal Teknologi Pendidikan , 1-10.

Marlena, N., Dwijayanti, R., F., Parjo, & Sudatwanto, T (2018). Penyegaran Kemampupan guru dalam merancang media pembelajaran melalui aplikasi powtoon dan screen 0 Matic. Jurnal pemberdayaan masyarakat madani (JPMM), 204-223.

Pais, M. H. R., Nogues, F. P., & Munos, B.R. (2017). Incorporating Powtoon as a Learning Activity into a Course on Technological Innovations as Didactic Resources for Pedagogy Programs. 12.

Pangestu, M. D., & Wafa, A. A (2018). Pengembangan multimedia interaktif Powtoon pada mata pelajaran Ekonomi pokok bahasan kebijakan moneter untuk siswa kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Singosari. Jurnal Pendidikakn Ekonomi, 11

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-30

Cara Mengutip

Fitriyani, Rahma, & Munirah. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X SMA NEGERI 11 Pangkep. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(4), 493–500. https://doi.org/10.56983/jgps.v1i4.671