Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X SMA NEGERI 11 Pangkep
DOI:
https://doi.org/10.56983/jgps.v1i4.671Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Powtoon, Hasil BelajarAbstrak
Keberadaan media pembelajaran dalam suatu proses pembelajaran memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan efektifitas proses komunikasi dan mempermudah proses penyampaian ilmu pengetahuan yang disampaikan oleh guru kepada siswa. Powtoon yang menjadi variabel pada penelitian, dikarenakan Software ini masih tergolong jarang digunakan oleh guru dibandingkan dengan media berbasis powerpoint. Padahal powtoon ini dipandang sangat bisa diterapkan dalam bidang studi Infromatika di SMA Negeri 11 Pangkep. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan memanfaatkan media pembelajaran Powtoon pada mata pelajaran informatika kelas X Habibie di SMA Negeri 11 Pangkep. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu One Group Pretest-Posttest, dimana penelitian dilakukan dengan membandingkan keadaan sebelum dan sesudah pembelajaran. Dalam desain penelitian ini kelas eskperimen diberi tes awal (pretest) pada awal pertemuan untuk mengetahui pengetahuan awal siswa sebelum diberikan pembelajaran Informatika dengan menggunakan media pembelajaran Powtoon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran powtoon berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Terlihat dari hasil belajar yang berkategori tuntas dengan menunjukkan nilai posttest siswa setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan Powtoon pada mata pelajaran Informatika bahwa hanya 1 siswa atau dengan presentase 2.85% dengan dengan kategori tidak tuntas dan terdapat presentase 97,15% atau 34 siswa dengan kategori tuntas.
Unduhan
Referensi
Alannasir, W. (2016). Pengaruh penggunaan media animasi dalam pembelajaran IPS terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Mannuruki. Journal of Educational Science and Technology (EST), 81
Ariyanto, R., Kantun, S., & Sukidin, S. (2018). Penggunaan media Powtoon untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar mendeskripsikan perilaku-perilaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekomomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 122
Hasibuan, I. (2015). Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Peluang, 4(1), 5–11.
Indira, A. T. (2017). Perilaku Bertelur dan Siklus Hidup Aedes Aegypti Pada Berbagai Media Air. Jurnal Biologi , 71-81.
Jaedun, A. (2011). Oleh: Amat Jaedun. Metodologi Penelitian Eksperimen, 0–12
Nurdiansyah, E., El Faisal, E., & Sulkipani (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis Powtoon pada perkuliahan kewarganegaraan. Jurnal Civics, 15
Nurindah, K. (2021). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Animasi Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia . Akademika Jurnal Teknologi Pendidikan , 1-10.
Marlena, N., Dwijayanti, R., F., Parjo, & Sudatwanto, T (2018). Penyegaran Kemampupan guru dalam merancang media pembelajaran melalui aplikasi powtoon dan screen 0 Matic. Jurnal pemberdayaan masyarakat madani (JPMM), 204-223.
Pais, M. H. R., Nogues, F. P., & Munos, B.R. (2017). Incorporating Powtoon as a Learning Activity into a Course on Technological Innovations as Didactic Resources for Pedagogy Programs. 12.
Pangestu, M. D., & Wafa, A. A (2018). Pengembangan multimedia interaktif Powtoon pada mata pelajaran Ekonomi pokok bahasan kebijakan moneter untuk siswa kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Singosari. Jurnal Pendidikakn Ekonomi, 11
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.