MENGANALISIS MOTIVASI SKILL READING TERHADAP PELAJARAN BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS XII SMA NEGERI 11 PANGKEP

Penulis

  • Abd. Wahid Bintang Pamungkas Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Wahid Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v3i1.854

Kata Kunci:

Discovery Learning, Skill Reading, SMA. Peserta Didik

Abstrak

Desain Penelitian Peneliti akan melakukan penelitian kuantitatif dalam penelitian ini. enelitian deskriptif adalah metode penelitian kuantitatif yang mencari data yang dapat diukur dari sampel populasi untuk analisis statistik.  Menurut Sugiyono (2010:244), adalah proses pencarian dan penyiapan data secara sistematis yang diperoleh dari wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi, dengan mengatur data ke dalam kategori, didefinisikan dalam satuan, mensintesis, mengatur ke dalam suatu pola, memilih apa yang penting dan yang akan dipelajari, serta membuat kesimpulan yang mudah dipahami oleh diri sendiri dan orang lain. Peserta memiliki pilihan untuk menjawab pertanyaan yang sesuai dari pelajaran mereka. Penelitian ini bertujuan untuk melihat motivasi Reading Skill dalam pelajaran Bahasa Inggris. Manfaat dari  mempunyai minat baca khususnya Bahasa Inggris, seperti mereka pasti akan sangat mudah dalam mengakses informasi terutama informasi dari luar negeri. Saat ini bahasa Inggris yang telah mendunia akan sangat diperlukan oleh semua orang dalam kehidupan mereka sehari – hari. Kemampuan membaca teks bahasa Inggris memiliki peran penting dalam berbagai bidang, seperti dalam pendidikan alam memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan dalam bahasa Inggris, yang sering digunakan sebagai bahasa pengantar dalam bidang tertentu dalam bisnis bagi para profesional dalam dunia bisnis untuk memahami laporan keuangan, proposal bisnis, dan dokumen bisnis lainnya yang dalam bahasa Inggris informasi dan Teknologi dalam memperoleh informasi dan menggunakan teknologi terkini, karena banyak sumber informasi dan teknologi hanya tersedia dalam bahasa Inggris Kemampuan akademis yang berfungsi sebagai dalam memperoleh dan mengevaluasi informasi ilmiah dan hasil penelitian yang dalam bahasa Inggris Pertumbuhan pribadi untuk membaca buku, artikel, dan sumber informasi lainnya dalam bahasa Inggris dan masih banyak lagi manfaat jika mempunyai motivasi membaca teks yang berbahasa Inggris. Peneliti berharap mereka dapat menemukan motivasi, minat mereka dalam membaca khususnya motivasi membaca tulisan berbahasa Asing seperti bahasa Inggris, dan lain - lain karena banyak manfaat yang kita raih dari manfaat mempunyai motivasi minat baca karena ribuan informasi yang saat ini dapat kita akses baik bersifat media cetak maupun eletrik, juga baik yang berbayar, maupun gratis.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Wahid, Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia

-

 

Referensi

Aguswan, O. :, & Umam, K. (t.t.). PENTINGNYA MEMAHAMI SIKAP TERHADAP MEMBACA PADA SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA.

Gulo, A. (2022). Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ekosistem. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 307–313. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.54

Haerazi, H., Prayati, Z., & Vikasari, R. M. (2019). PRACTICING CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) APPROACH TO IMPROVE STUDENTS� READING COMPREHENSION IN RELATION TO MOTIVATION. English Review: Journal of English Education, 8(1), 139. https://doi.org/10.25134/erjee.v8i1.2011

Latief, H., & Hamid, R. (2017). INTERACTIVE STRATEGY TRAINER FOR ACTIVE READING AND THINKING (ISTART) FOR THE STUDENTS’ READING COMPREHENSION. Dalam Exposure Journal 184 English Education Department (Vol. 6, Issue 2).

Noorman Haryadi, R. (2020). PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INGGRIS SMA Negeri 99 Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Keuangan, 1(2), 14–30. https://doi.org/10.51805/jmbk.v1i2.15

Nurteteng. (2018). THE STUDENTS PERSONALITY BASED ON THE READING STRATEGY USED. Dalam Exposure Journal 192 English Education Department (Vol. 7, Issue 2).

Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (t.t.). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA.

Setiyaningsih, D. Y., Maryansyah, Y., Susyla, D., & Ananda, R. P. (2022). READABILITY LEVEL OF READING TEXTS IN THE ENGLISH TEXTBOOK “ENGLISH IN MIND” FOR TENTH GRADE STUDENTS AT SMKN 3 KOTA BENGKULU. Exposure Journal, 305(2), 305–317. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/exposure

Veermans, K. H. (2002). Intelligent support for discovery learning : using opportunistic learner modeling and heuristics to support simulation based discovery learning. Twente University Press.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-30

Cara Mengutip

Wahid Bintang Pamungkas, A. ., & Munirah. (2024). MENGANALISIS MOTIVASI SKILL READING TERHADAP PELAJARAN BAHASA INGGRIS PESERTA DIDIK KELAS XII SMA NEGERI 11 PANGKEP. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 3(1), 30–39. https://doi.org/10.56983/jgps.v3i1.854