Program Pemantapan Profesi Keguruan Menggunakan Model Example Non Example Berbantuan Media Cetak (Buku Gambar )

Penulis

  • Irwan Ardiansyah Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Gugun Arasi
  • Kaharuddin Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Sapriadi Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v1i3.820

Kata Kunci:

Kegiatan Belajar Mengajar, Seni Rupa, Example Non- Example

Abstrak

Kegiatan belajar mengajar di sekolah merupakan serangkaian kegiatan yang secara sadar telah terencana. Dengan adanya perencanaan yang baik akan mendukung keberhasilan pengajaran, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pendidikan. Seni Rupa diajarkan di sekolah dalam rangka memenuhi kebutuhan jangka panjang (long-term functional needs) bagi siswa dan masyarakat. belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Example Non- Example adalah taktik yang dapat digunakan untuk mengajarkan definisi konsep. Strategi yang diterapkan dari metode ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa secara cepat dengan menggunakan 2 hal yang terdiri atas Example dan Non- Example dari suatu defnisi konsep yang ada, dan meminta siswa untuk mengklasifikasikan keduanya sesuai dengan konsep yang ada.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilakukan oleh mahasiswa P2K jurusan Seni Rupa Unismuh Makassar dengan bantuan guru mitra mata pelajaran Seni Rupa yang sekaligus sebagai guru tutor di UPT SMA NEGERI 13 PANGKEP.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Irwan Ardiansyah , Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia

Pendidikan seni rupa

Referensi

A.M. Sardiman. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Chaer, Abdul.2009. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta. n

Hakim, Thursan. 2005. Belajar Secara Efektif. Jakara : Puspa Swara

Hamalik, Omar. 2009. Pendekatan Baru Strategi Belajar mengajar Berdasarkan CBSA. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Soeparno. 2002. Dasar-Dasar Linguistik Umum. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.

Suherman, Erman dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jica.

Sukri Syamsuri, Andi dkk. 2017. Buku Panduan Program Profesi Keguruan (P2K). FKIP Unismuh Makassar.

Suprihatiningrum, Jamil. 2014. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Trianto, 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-28

Cara Mengutip

Ardiansyah , I. ., Gunawan , G. ., Kaharuddin , K. ., & Sapriadi. (2023). Program Pemantapan Profesi Keguruan Menggunakan Model Example Non Example Berbantuan Media Cetak (Buku Gambar ) . Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(3), 300–304. https://doi.org/10.56983/jgps.v1i3.820