Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas XI TKR 3 SMK Negeri 2 Pangkep
DOI:
https://doi.org/10.56983/jgps.v2i2.861Kata Kunci:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Snowball ThrowingAbstrak
Peningkatan proses pembelajaran adalah tujuan dari penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan tingkat keberhasilan belajar PKn siswa kelas XI TKR 3 SMK Negeri 2 Pangkep. Dalam penelitian ini sebagai gambaran penelitian tindakan kelas, langkah-langkah perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi-evaluasi, dan analisis reflektif didaur ulang. 27 siswa laki-laki kelas XI TKR 3 dijadikan sebagai subjek uji coba pembelajaran. Observasi, pengujian, dan pendokumentasian digunakan sebagai strategi pengumpulan data. Temuan studi diperiksa secara kuantitatif, termasuk menghasilkan peningkatan untuk mewakili kinerja siswa dan mencari tahu nilai tes mereka. Mendeskripsikan pemanfaatan pembelajaran Snowball Throwing di SMK Negeri 2 Pangkep untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas XI TKR 3.
Unduhan
Referensi
Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Darwati, Mas & Mahendra, Putu Ronny Angga. Efektivitas Pembelajaran PPKn Berbasis Teknohumanistik Dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas X Jasa Boga 2 di SMK Prshanti Nilayam Kuta Tahun Pelajaran 2017/2018. Singaraja: FHIS Universitas Pendidikan Ganesha.
Ellen Julianti. (2015). “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing untuk Meningkatkat Keaktifan, Dan Hasil Belajaran Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Dasar Otomatis Kelas XI di SMA Dwijendra Denpasar”. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Hamalik, Oemar. 2016. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: BumiAngkasa
Hizbullah. 2011. Prinsip Fungsi dan Kriteria dalam Pemilihan Media Pembelajaran. Yoyakarta: Pustaka Pelajar.
Huda, Miftahul. 2014. Cooperative Learning (Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rohani, Ahmad.2014. Pengelolaan Pengajaran.Jakarta: Rineka cipta
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Sardiman. 2016. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers
Suprijono. 2011. Cooperative Learing Teori dan Aplikasi Paikem. Surabaya: Pustaka Belajar.
Susanto, Ahmad. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.