PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN FLIPBOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMK NEGERI 2 PANGKEP
DOI:
https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.862Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Flipbook, Sejarah, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memfasilitasi peserta didik pada kelas X TKR 2 di SMK Negeri 2 Pangkep dengan memanfaatkan media pembelajaran Flipbook yang tidak hanya berfokus pada materi yang ditampilkan, melainkan juga pada hasil akhir proses kegiatan pembelajaran. Media pembelajaran Flipbook merupakan salah satu media yang dapat menunjang proses kegiatan belajar mengajar, selain itu sebagai alat yang dapat membantu proses berlangsungnya kegitan belajar. Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimen one group pretest dan posttest. Pada penelitian subjek yang digunakan adalah sebanyak 36 siswa, penggumpulan data yaitu menggunakan tes pilihan ganda yang diberikan 2 kali, yakni sebelum diberikan perlakuan (pretest) dan setelah diberikan perlakuan (posttest). Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran SEJARAH di SMK Negeri Pangkep. Hasil rata-rata yang diperoleh pada pretest sebesar (36,67) dan posttest sebesar (53,33), oleh karena itu terdapat kenaikan hasil belajar sebesar 16,66. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Flipbook dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa.
Unduhan
Referensi
Akib Erwin, dkk., 2021. Buku Panduan Program Pemantapan Profesi Keguruan
(P2K). Makassar, FKIP Unimuh Makassar
Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai
Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2), 28–37. http://journal.umsurabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1041/724
Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Dewi, R. K., Wardani, S., Wijayati, N., & Sumarni, W. (2019). Demand of ICT-based
chemistry learning media in the disruptive era. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(2), 265–270. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.17107.
Hudayati, N., Andayani, Y., & Junaidi, E. (2021). Pengaruh Persepsi Guru Tentang
TIK Terhadap Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran IPA SMA/MA Se-Kecamatan Gerung. Chemistry Education Practice, 4(1), 84. https://doi.org/10.29303/cep.v4i1.2233
Kristin, F. (2016). Analisis model pembelajaran discovery learning dalam
meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa.
Nurseto, T. 2011. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan
Pendidikan. Vol. 8(1):19-35
Puspitawangi, R.K., et. al. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Talking Stick Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Ips. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2).
Rahmadi, I. F., Khaerudin, K., & Kustandi, C. (2018). Kebutuhan Sumber Belajar
Mahasiswa yang Mendukung Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Perguruan Tinggi. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2), 120–136. https://doi.org/10.21009/jtp.v20i2.8620
Yaumi, Muhammad. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.