IMPLEMENTASI PAMERAN KARYA SENI RUPA SEMESTER AKHIR SISWA KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BONTOALA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.56983/macora.v1i2.1693Kata Kunci:
Implementasi, Kreativitas, Pameran Seni RupaAbstrak
Penelitian ini mengeksplorasi implementasi pameran seni rupa sebagai metode pembelajaran di SMK Muhammadiyah 2 Bontoala Makassar. Kegiatan pameran ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan teknis dan non-teknis siswa, seperti kreativitas, kerja sama tim, dan manajemen acara. Dengan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pameran seni rupa tidak hanya meningkatkan apresiasi seni tetapi juga membangun karakter dan keterampilan manajerial siswa. Siswa belajar merencanakan dan melaksanakan pameran dengan tanggung jawab, mulai dari pengelolaan karya hingga promosi acara. Dukungan dari pihak sekolah dan guru seni budaya menjadi faktor penting dalam keberhasilan pameran ini. Penelitian ini menyoroti manfaat pameran seni rupa dalam memotivasi siswa untuk menghasilkan karya berkualitas tinggi dan meningkatkan kepercayaan diri mereka. Kegiatan ini juga memberikan ruang untuk mengeksplorasi potensi individu sekaligus memperkuat kolaborasi antar siswa. Meskipun demikian, beberapa tantangan seperti keterbatasan anggaran dan koordinasi antar panitia tetap menjadi perhatian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pameran seni rupa adalah strategi pembelajaran inovatif yang efektif dalam membentuk lingkungan belajar yang dinamis dan inspiratif. Hasilnya diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan pembelajaran seni rupa di tingkat sekolah menengah.