Kecerdasan Emosional Peserta Didik Pada Pembelajaran Seni Lukis Students' Emotional Intelligence In Painting Learning
DOI:
https://doi.org/10.56983/macora.v2i1.1730Kata Kunci:
Kecerdasan Emosional, Pembelajaran Seni Lukis, Faktor Internal, Faktor EksternalAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang memengaruhi kecerdasan emosional peserta didik dalam pembelajaran seni lukis di MTs Baburrahmah Lara 1, Baebunta Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara.Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal seperti kesadaran diri, pengelolaan emosi, dan motivasi sangat memengaruhi kecerdasan emosional siswa. Motivasi untuk mencoba hal baru dan kepuasan setelah menyelesaikan lukisan menjadi indikator positif yang mendominasi. Namun, tantangan terlihat pada aspek pengelolaan emosi saat menghadapi kritik. Faktor eksternal, seperti dukungan dari guru dan teman sebaya, berkontribusi positif dalam menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman. Namun, kurangnya fasilitas dan minimnya dukungan keluarga menjadi kendala yang perlu diperhatikan.Penelitian ini menyimpulkan bahwa kecerdasan emosional siswa berada pada tingkat yang baik, terutama dalam aspek sosial, tetapi masih memerlukan perhatian pada pengelolaan emosi dan peningkatan fasilitas pendukung. Diharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan untuk pengembangan pembelajaran seni yang lebih efektif.