Implementasi Pembelajaran Seni Kriya Topeng Pada Kelas X Di SMK Muhammadiyah 2 Bontoala Makassar

Penulis

  • Wahyudi Nusriyadi universitas muhammadiyah makassar, indonesia
  • Andi Baetal Mukaddas Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia.
  • Roslyn Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.56983/macora.v2i1.1919

Kata Kunci:

Implementasi, Pembelajaran, Seni Kriya Topeng

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran seni kriya topeng pada kelas X di SMK Muhammadiyah 2 Bontoala Makassar. Data yang digunakan adalah data kualitatif yang diperoleh dari hasil wawancara yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Sumber data dalam penelitian ini mencakup data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dan observasi terhadap guru dan siswa, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumentasi dan literatur yang mendukung penelitian.Berdasarkan hasil penelitian, seni kriya topeng dapat dimanfaatkan sebagai kerajinan tangan yang menghasilkan karya seni terapan. Pembuatan topeng dari tanah liat (clay) membantu siswa mengembangkan keterampilan dalam mengolah bentuk dan meningkatkan kreativitas mereka. Selain itu, hasil karya siswa dalam pembelajaran seni kriya topeng dapat menjadi motivasi bagi siswa lain untuk lebih aktif dan kreatif dalam berkarya.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-31

Cara Mengutip

Nusriyadi, W., Mukaddas, A. B. ., & Roslyn. (2025). Implementasi Pembelajaran Seni Kriya Topeng Pada Kelas X Di SMK Muhammadiyah 2 Bontoala Makassar. Macora, 2(1), 46–55. https://doi.org/10.56983/macora.v2i1.1919