Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ipa Di SMA Negeri 20 Pangkep

Penulis

  • Nurlailah universitas muhammadiyah makassar,indonesia
  • Mario Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Muhajir Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v2i3.768

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Aplikasi Canva, Mata Pelajaran IPA SMA

Abstrak

Artikel ini bermaksud untuk menjelaskan tentang pemanfaatan dari penggunaan aplikasi canva sebagai media pembelajaran IPA di sekolah menengah. Globalisasi membawa perubahan besar dalam tatanan hidup masyarakat. Perubahan tersebut di dorong oleh semakin berkembangknya IPTEK. Yang membawa dampak dalam berbagai sektor kehidupan termasuk diantaranya yaitu pada bidang pendidikan. Perancangan media pembelajaran pada saat ini tidak hanya memanfaatkan benda yang dapat ditemukan pada kehidupan sehari-hari namun juga memanfaatkan dunia digital. Canva merupakan suatu aplikasi yang dapat dikembangkan dalam proses pembuatan media pembelajaran IPA yang sangat membutuhkan adanya media sebagai pengantar informasi dari muatan materi pembelajaran yang bersifat abstrak. Aplikasi canva menyediakan berbagai macam fitur menarik yang dapat memudahkan guru dalam pembuatan media pembelajaran salah satunya yaitu dengan tersedianya beragam template yang dapat digunakan dalam proses mendesain media pembelajaran salah satunya yakni mata pelajaran IPA di SMA. Pada pelaksanaan penelitian kali ini, digunakan metode literatur review, yaitu dengan proses meletakan, mendapatkan, membaca, serta mengevaluasi berbagai literatur penelitian terkait atau berhubungan dengan persoalan yang akan di teliti. Data yang dideskripsikan yaitu hasil penelitian yaitu mengenai manfaat dari penggunaan aplikasi canva yang telah dilakukan oleh peneliti-peneliti sebelumnya.

 

Kata kunci : Media Pembelajaran, Aplikasi Canva, Mata Pelajaran IPA SMA.

 

ABSTRACT

This article intends to explain the utilization of the use of the Canvas application as a medium for learning science in secondary schools. Globalization brings major changes in the order of people's lives. These changes are driven by the development of science and technology. which has an impact on various sectors of life including in the field of education. don't learn media at this time not only utilize objects that can be found in everyday life but also take advantage of the digital world. canva is an application that can be developed in the process of making science learning media which really needs media as an introduction to information from abstract learning material content. the canva application provides a variety of interesting features that can make it easier for teachers to create learning media. One of them is the availability of various templates that can be used in the process of designing learning media, one of which is science subjects in high school. During the implementation of this research, the literature review method is used, namely the process of placing, obtaining, reading, and evaluating various research literature related to or related to the issue to be studied. the data described is the result of the research regarding the benefits of using the Canva application that has been carried out by previous researchers.

 

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alwi. (2019). Dampak Globalisasi Terhadap Pendidikan Sekolah Dasar Negeri 2 GU. Jurnal Akademik FKIP Unidayan, 7(2), 180-189.

Amini, Q., Rizkyah, K., Nuralviah, S., & Urfany, N. (2020). PENGARUH GLOBALISASI Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(3), 375-385.

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586-595.

Dian Aulia Inzani, Sri Ashrini AR, Nur Halisa, Latifah Asmil Fauzi, Muh. Rahmat, Muh.Syukur, Muhammad Sofyan, F. N. (2021). Webinar Pelatihan Media Pembelajaran. Journal Lepa-Lepa, 1, 143-151.

Dr. Asfi Manzilati, SE., M. (2017). Metodolagi penelitian kuantitatif: paradiga, metode dan aplikasi (1st ed). UM Media.

Elmira Siska, N. M. R. N. (2021). Sosialisasi Pelaksanaan Protokol Kesehatan Pada Masa New Normal Dan Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Digital Marketing Di Panti Sosial Asuhan Anak Muslimin Manggarai Selatan Tebet. Jurnal Abdimas Perbanas (JAP), 2(April), 1-16.

Faisal, M., Hotimah, Nurhaedah, AP, N., & Khaerunnisa. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Mengembangkan Bahan Ajar Digital Di Kabupaten Gowa. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(3), 266-270.

Garris Pelangi. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Jurnal Sasindo Unpam, Vol 8, No 2, Desember 2020 PEMANFAATAN, 8(2), 79-96.

Istiarsono, Z. (2016). Tantangan Pendidikan Dalam Era Globalisasi: Kajian Teoritik. Jurnal Intelegensia, 1(2), 19-24.

Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Menarik Menggunakan Canva Untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275-281.

Ngurah, D., Laksana, L., Studi, P., Guru, P., & Dasar, S. (2016). Miskonsepsi Dalam Materi Ipa Sekolah Dasar. Page Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 166-175.

Nursento, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19-35).

Nuryati, & Darsinah. (2021). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda, 3(2), 153-162.

Prananda, G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD. Jurnal Pedagogik, 6(1), 122-130.

Rahma Elvira Tanjung, D. F. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronik Dan Informatika, 7(2), 79-85.

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327.

Risky, S. M. (2019). Analisis Penggunaan Media Video Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(2), 73-79.

Supardi, K. (2017). Media Visual Dan Pembelajaran Ipa. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(10), 160-171.

Tiara Melinda, E. R. S. (2021). Canva Sebagai Media Pembelajaran IPA Materi Perpindahan Kalor Di SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar. 5(2), 96-101.

Triningsih, Diah Erna. (2021). Penerapan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Teks Tanggapan Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Paper Knowledge. Toward a Media History of Documents, 15(1), 128-144.

Yuliarti, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21-28. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-25

Cara Mengutip

Nurlailah, Mario, & Muhajir. (2024). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Ipa Di SMA Negeri 20 Pangkep. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 2(3), 471–486. https://doi.org/10.56983/jgps.v2i3.768