Penerapan Metode Suku Kata (Syllabic Method) Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 MIS MUHAMMADIYAH Sibatua
DOI:
https://doi.org/10.56983/jgps.v1i4.799Kata Kunci:
Siswa, Metode Suku Kata, Kemampuan Membaca PermulaanAbstrak
Praktek pemantapan profesi keguruan (P2K) merupakan salah satu persyaratan akademik dalm lingkungan Universitas Muhammadiyah Makassar terhkusus pada jurusan Pendidikan guru sekolah dasar, yang berorientasi pada penerapan dan sekaligus latihan untuk ilmu yang telah diperoleh. Dalam praktek pemantapan profesi keguruan ini mahasiswa melakukan sebuah penelitian Tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode suku kata terhadap siswa kelas 1 SD yang berdasarkan fakta dilapangan masih banyak siswa yang membaca mengeja. Oleh karena itu, penerapan metode suku kata ini efektif digunakan untuk siswa agar membaca dengan lancar. Metode yang digunakan penelitian ini adalah deskriptif dengan pendeketan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sedangkan teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dengan alat pengumpulan data berupa lembar obserbasi yang dibagikan kepada guru dan peserta didik serta tes akhir sebagai evaluasi bagi peserta didik. Dari hasil penelusuran artikel yang terpublikasi, maka dapat disimpulkan penerapan metode suku kata berhasil diterapkan dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 1. Kelebihan dari metode suku kata ini adalah siswa dapat membaca dengan lancar tanpa harus mengeja terlebih dahulu, hal ini sangat membantu siswa terlebih pada saat pembelajaran di kelas. Sedangkan kekurangan pada metode ini adalah siswa belum lancar membaca atau kesulitan jika membaca bacaan yangada huruf tunggal di akhir atau “ng”.Agar metode suku kata ini tercapai sesuai yang diharapkan lebih baik guru memetakan kemampuan membaca awal siswa kemudian guru juga mengkomunikasikan dengan orang tua, hal ini diharapkan apa yang sudah dibelajarkan di sekolah dapat dilanjutkan di rumah guna meningkatkan pembelajaran membaca permulaan siswa.
Unduhan
Referensi
Ayu; Sudarsimi. (2019). Metode Syllabic untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Anak Autis. Depublis Publisher.
Efendi; History. (2017). Penerapan metode silaba untuk meningkatkan. Jurnal Riset Pedagogik, III (2) 288-299.
Halimah. (2014). Metode Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan di SD/MI. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 190-200.
Hasmyati, H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Materi Bola Basket Siswa Kelas VIII-6 SMP Negeri 24 Makassar. In Seminar Nasional LP2M UNM (Vol. 2, No. 1).
Herdianingsih; Pramono; Wahyuno;. (2019). Syllabic Method dalam Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Tunagrahita. Jurnal ORTOPEDAGOGIA.
Muhammad, J. (2022). Peningkatan Kemampuan Melalui Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Media Gambar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2, No.1, 15.
Oviani, T. (2019). Penggunaan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar ipa siswa sekolah dasar negeri 56 kota bengkulu. Institut Agama ISlam Negeri Bengkulu.
Randi Eka Putra, d. (2022). meningkatkan proses pembelajaran tematik menggunakan media gambar bercerita di kelas IVsekolah dasar. STKIP Muhammadiyah Muara Bungo, 7, 89.
Ratnari, P. (2021). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskriptiif Pada Siswa Kelas IV SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo. Jurnar Pengabdian Masyarakat, 01,(1), 19-20.
Rusmiati. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Suku Kata Nyaring Suku Kata Menggunakan Demonstrasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dasar . Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5.
Rusmiati; Halidjah; , Tahmid Sabri;. (2018). Peningkatan keterampilan membaca permulaan menggunakan media kubus suku kata siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1-11.
Sahrani, A. (2022). Meningkatkan Hasil BAlajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Media Gambar Dikelas IV MIN 7 Padang Lawas Utara. Skripsi, 7.
Septantiningtyas, N., Jailani, M. D., & Husain, W. M. (2019). PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Klaten: Lakeisha.
Setiyoso. (2020). Melalui Metode Suku Kata engan Media Kartu Gambar Kelas 1 SDN 01 Bulurejo. Surakarta: Study Guru.
Siregar, R. (2017). Penggunaan Media Gambar untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora, 715-722.
Utami, Y. S. (2020). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 104-109.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.