Penerapan Metode Suku Kata (Syllabic Method) Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 MIS MUHAMMADIYAH Sibatua

Penulis

  • Hulyatul Auliya Arisma Universitas Muhammadiyah Makassar,indonesia
  • Radhlyatul Fitri Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Idawati Fadollah Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/jgps.v1i4.799

Kata Kunci:

Siswa, Metode Suku Kata, Kemampuan Membaca Permulaan

Abstrak

Praktek pemantapan profesi keguruan (P2K) merupakan salah satu persyaratan akademik dalm lingkungan Universitas Muhammadiyah Makassar terhkusus pada jurusan Pendidikan guru sekolah dasar, yang berorientasi pada penerapan dan sekaligus latihan untuk ilmu yang telah diperoleh. Dalam praktek pemantapan profesi keguruan ini mahasiswa melakukan sebuah penelitian Tindakan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode suku kata terhadap siswa kelas 1 SD yang berdasarkan fakta dilapangan masih banyak siswa yang membaca mengeja.  Oleh  karena  itu,  penerapan  metode  suku  kata  ini  efektif  digunakan  untuk siswa  agar  membaca dengan lancar. Metode yang digunakan penelitian ini adalah deskriptif dengan pendeketan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sedangkan teknik dan alat pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dengan alat pengumpulan data berupa lembar obserbasi yang dibagikan kepada guru dan peserta didik serta tes akhir sebagai evaluasi bagi peserta didik. Dari hasil penelusuran artikel yang terpublikasi, maka dapat disimpulkan penerapan metode suku kata berhasil diterapkan dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas 1. Kelebihan   dari   metode   suku   kata   ini   adalah   siswa   dapat membaca dengan lancar tanpa harus mengeja terlebih dahulu, hal ini sangat membantu siswa terlebih pada saat pembelajaran di kelas. Sedangkan kekurangan pada metode ini adalah  siswa  belum  lancar  membaca  atau  kesulitan jika membaca  bacaan  yangada huruf  tunggal  di akhir atau “ng”.Agar  metode  suku  kata  ini  tercapai  sesuai  yang diharapkan  lebih  baik  guru  memetakan  kemampuan  membaca  awal  siswa  kemudian guru  juga  mengkomunikasikan  dengan  orang  tua,  hal  ini  diharapkan  apa  yang  sudah dibelajarkan  di  sekolah  dapat  dilanjutkan  di  rumah  guna  meningkatkan  pembelajaran membaca permulaan siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ayu; Sudarsimi. (2019). Metode Syllabic untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Anak Autis. Depublis Publisher.

Efendi; History. (2017). Penerapan metode silaba untuk meningkatkan. Jurnal Riset Pedagogik, III (2) 288-299.

Halimah. (2014). Metode Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan di SD/MI. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 190-200.

Hasmyati, H. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Materi Bola Basket Siswa Kelas VIII-6 SMP Negeri 24 Makassar. In Seminar Nasional LP2M UNM (Vol. 2, No. 1).

Herdianingsih; Pramono; Wahyuno;. (2019). Syllabic Method dalam Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Tunagrahita. Jurnal ORTOPEDAGOGIA.

Muhammad, J. (2022). Peningkatan Kemampuan Melalui Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Media Gambar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2, No.1, 15.

Oviani, T. (2019). Penggunaan media gambar dalam meningkatkan hasil belajar ipa siswa sekolah dasar negeri 56 kota bengkulu. Institut Agama ISlam Negeri Bengkulu.

Randi Eka Putra, d. (2022). meningkatkan proses pembelajaran tematik menggunakan media gambar bercerita di kelas IVsekolah dasar. STKIP Muhammadiyah Muara Bungo, 7, 89.

Ratnari, P. (2021). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskriptiif Pada Siswa Kelas IV SDN 28 Kota Selatan Kota Gorontalo. Jurnar Pengabdian Masyarakat, 01,(1), 19-20.

Rusmiati. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Suku Kata Nyaring Suku Kata Menggunakan Demonstrasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dasar . Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5.

Rusmiati; Halidjah; , Tahmid Sabri;. (2018). Peningkatan keterampilan membaca permulaan menggunakan media kubus suku kata siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1-11.

Sahrani, A. (2022). Meningkatkan Hasil BAlajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Dengan Menggunakan Media Gambar Dikelas IV MIN 7 Padang Lawas Utara. Skripsi, 7.

Septantiningtyas, N., Jailani, M. D., & Husain, W. M. (2019). PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Klaten: Lakeisha.

Setiyoso. (2020). Melalui Metode Suku Kata engan Media Kartu Gambar Kelas 1 SDN 01 Bulurejo. Surakarta: Study Guru.

Siregar, R. (2017). Penggunaan Media Gambar untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora, 715-722.

Utami, Y. S. (2020). Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 104-109.

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-30

Cara Mengutip

Auliya Arisma, H. ., Fitri, R., & Fadollah, I. . (2023). Penerapan Metode Suku Kata (Syllabic Method) Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 MIS MUHAMMADIYAH Sibatua. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(4), 584–603. https://doi.org/10.56983/jgps.v1i4.799