PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FILPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SMK NEGERI 2 PANGKEP
DOI:
https://doi.org/10.56983/gps.v1i2.864Kata Kunci:
Media pembelajaran flipbook, Bumi dan Antariksa, KuantitatifAbstrak
Media flipbook merupakan media pembelajaran yang digunakan sebagai bahan ajar siswa yang tampilannya sama seperti buku namu hasilnya dalam bentuk digital. Adanya penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran flipbook di kelas X TBKR 2 di SMK Negeri 2 Pangkep terhadap hasil belajar materi pada bumi dan antariksa. Subyek penelitian ini sebanyak 33 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yaitu jenis kuantitatif dengan pendekatan pre-eksperimen one group pretest dan posttest. Data peneitian dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda yang diberikan 2 kali, yakni sebelum dilakukannya perlakuan (pretest) dan setelah dilakukannya perlakuan (posttest). Maka berdasarkan hasil analisis data, peneliti mengetahui bahwa terdapat peningkatan hasil belajar IPAS siswa setelah mempelajari IPAS menggunakan media flipbook. Ditunjukkan dari nilai rata-rata posttest (67,72%) yang lebih besar dari nilai pretest (56,21%), terdapat kenaikan sebesar 11,51%. Oleh karena itu, dapatkan disimpulkan bahwa media pembelajaran flipbook memiliki pengaruh terhadap hasil belajar kelas X TBKR 2 di SMK Negeri 2 Pangkep
Unduhan
Referensi
Andarini, T., Masykuri, M., dan Sudarisman, S. 2013. Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) Melalaui Media Flipchart Dan Video Ditinjau Dari Kemampuan Verbal Dan Gaya Belajar. Jurnal Bioedukasi. 6(2): 102-119.
Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Diani, R., & Hartati, N. S. (2018). Flipbook berbasis literasi islam: pengembangan media pembelajaran fisika dengan 3D pageflip professional. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, A (2), 234-442.
Hadis. 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching dan Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa MTs Muhammadiyah Kalosi Kab. Enrekang. Jurnal Kependidikan Media, 1 (1):39.
Kodi, A. I., Hudha, M. N., & Ayu, H. D. (2019). Pengembangan Media Flipbook Fisika Berbasis Android Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Topik Perpindahan Kalor. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Jurnal) SNF2015, 1–8.
Masitoh, Afie. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Menggunakan Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD. Jurnal Belaindika: Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan, 4 (1):22
Mulyadi D.U., Wahyuni S., & Handayani, R. D. (2016). Pengembangan Media Flash Flipbook untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 296-301.
Nurseto, T. 2011. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. 8(1):19-35.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif fan R&D. Bandung: Alfabeta
Susilana, R dan Riyana, C. 2008. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima.
Wahyuliyani, Y., Supriadi U., Anwar S.2016. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Flip Book Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Jurnal TARBAWY, 1(1): 69-79.
Wahyuliani, Y., Supriadi, & Ariawan, R. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Flipbook Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 4 Bandung, TARBAWY, 3(1), 22-23.
Yaumi, Muhammad. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.