KETERAMPILAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATA PELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP UNISMUH MAKASSAR
Keywords:
Keterampilan, Pengelolaan, Kelas, Motivasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keterampilan guru dalam pengelolaan kelas dapat meningkatkan motivasi belajar mata pelajaran Biologi siswa kelas VII SMP Unismuh Makassar.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan dalam tiga siklus. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk melihat perubahan tingkat motivasi belajar mata pelajaran Biologi siswa kelas VII SMP Unismuh Makassar, dan perubahan tingkah laku belajar siswa dalam tiga siklus dengan menerapkan keterampilan pengelolaan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Unismuh Makassar. Pengumpulan data tentang tingkat motivasi belajar siswa dengan menggunakan angket dengan kriteria pilihan ya atau tidak. Sedangkan data tentang perubahan tingkah laku siswa dilakukan dengan menggunakan format observasi siswa. Analisis data dilakukan dengan dua cara yaitu dengan cara kuantitatif dan kualitatif. Secara kuantitatif menggunakan teknik analisis statistik deskriptif yang meliput tabel, frekuensi, rata-rata, persentasi, varians dan standar deviasi. Sedangkan secara kualitatif dengan mendeskripsikan perubahan tingkah laku siswa selama dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa tingkat rata-rata motivasi belajar siswa adalah 16 atau 64% dari skor ideal yaitu skor 25, siklus II rata-rata 19 atau 76% dari skor ideal, dan pada siklus III skor rata-rata 20 atau 80% dari skor ideal. Sedangkan dari segi tingkah laku belajar siswa terjadi perubahan ke arah yang positif, hal ini menunjukkan hal yang memberi harapan besar agar guru lebih termotivasi untuk mengelolah kelas yang dihadapinya.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2014 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.