PENGAWASAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SDIT AL-FIKRI, BTP, MAKASSAR

Penulis

  • Yusupul Andayani Pascasarjana UIN Alauddin Makassar

Kata Kunci:

Pengawasan Kepala Sekolah, Kinerja Guru, Sekolah Menengah Atas

Abstrak

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pengawasan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru adalah sebelum kepala sekolah melakukan pengawasan terhadap guru dengan cara teratur, guru tidak melaksanakan tugasnya dengan baik, dikarenakan kepala sekolah jarang melakukan pengawasan baik dengan cara observasi, kunjungan kelas maupun kunjungan antar kelas, sehingga tugas yang diberikan kepada guru tidak dikerjakan dengan maksimal, setelah menggunakan tiga teknik tersebut kepala sekolah dapat mengetahui masalah yang terjadi pada guru dan mengetahui bagaimana perkembangan guru dalam menjalankan tugasnya. 2) Kepala sekolah juga jarang memberikan penghargaan seperti memberikan bonus gaji dan bimbingan terhadap guru dalam menyelesaikan permasalahan, sehingga guru juga tidak termotivasi dan tidak mengetahui cara dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada diri pribadi guru, setelah kepala sekolah memberikan penghargaan, bimbingan atau pembinaan kepada guru, guru menjadi lebih giat dalam menjalankan tugas dan termotivasi dengan penghargaan yang diberikan oleh kepala sekolah serta dapat mengetahui cara dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada diri pribadi guru. 3) Faktor-faktor yang dihadapi kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru yaitu: guru sering menutup diri, jarang berinteraksi dan komunikasi, dan guru tidak optomis atau tidak yakin dalam menyelesaikan permasalahan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2018-12-07

Cara Mengutip

Andayani, Y. . (2018). PENGAWASAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SDIT AL-FIKRI, BTP, MAKASSAR. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 5(2), 145–157. Diambil dari https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/jkip/article/view/116