PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KIT IPA (FISIKA) BERORIENTASI AKTIVITAS PADA POKOK BAHASAN CAHAYA DI SMP

Penulis

  • Dian Pramana Putra

Kata Kunci:

KIT IPA, Perangkat pembelajaran, Aktivitas

Abstrak

Telah dilakukan penelitian dan pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis KIT IPA (Fisika) Berorientasi Aktivitas. Subjek uji coba adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Barombong Kabupaten Gowa berjumlah 32 orang. Prosedur pengembangannya menggunakan model Kemp terdiri dari 9 tahap yaitu menentukan sumber belajar, identifikasi masalah dan tujuan pembelajaran, analisis karakter peserta didik, identifikasi materi pelajaran, menentapkan tujuan pembelajaran khusus, membuat sistematika isi pelajaran, merancang strategi pembelajaran, metode-metode pembelajan, dan mengembangkan instrumen evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perangkat pembelajaran yang dibuat terdiri dari (RPP), (LKPD), Buku Ajar, Lembar observasi pengamatan keterlaksanaan kegiatan pembelajaran, serta lembar angket respon peserta didik. Berdasarkan penilaian para ahli/pakar, perangkat yang dibuat berada dalam kategori valid, serta adanya respon positif peserta didik yang diperoleh dengan menggunakan angket respon peserta didik terhadap penbelajaran dan perangkat yang digunakan memenuhi kriteria kepraktisan. Perangkat pembelajaran ini memenuhi kriteria efektif karena dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas peserta didik. Aktivitas peserta didik dalam pembelajaran berada pada kategori sangat baik, yang menunjukkan perangkat pembelajaran yang digunakan mampu mengaktifkan peserta didik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2014-06-20

Cara Mengutip

Putra, D. P. . (2014). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS KIT IPA (FISIKA) BERORIENTASI AKTIVITAS PADA POKOK BAHASAN CAHAYA DI SMP. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(1), 1–9. Diambil dari https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/jkip/article/view/1506

Terbitan

Bagian

Articles