PENGARUH EFIKASI DIRI, METAKOGNISI DAN REGULASI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI DI KABUPATEN WAJO
Kata Kunci:
Efikasi Diri, Metakognisi, Regulasi Diri, Prestasi Belajar MatematikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkaji dan menjelaskan seberapa besar pengaruh efikasi diri terhadap prestasi belajar matematika siswa baik secara langsung maupun tidak langsung (melalui regulasi diri), (2) mengkaji dan menjelaskan seberapa besar pengaruh metakognisi terhadap prestasi belajar matematika siswa baik secara langsung maupun tidak langsung (melalui regulasi diri). Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMA Negeri di Kabupaten Wajo tahun pelajaran 2011/2012 yang diambil dengan menggunakan proporsional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan: (1) skala efikasi diri, (2) skala metakognisi, (3) skala regulasi diri, (4) nilai ujian semester siswa. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan analysis jalur (path anlysis). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) sebagian besar siswa kelas X SMA Negeri di Kabupaten Wajo memiliki: efikasi diri, metakognisi, regulasi diri dan prestasi belajar matematika dengan kategori sedang; (2) efikasi diri yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika baik secara langsung maupun tidak langsung dan metakognisi yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika baik secara langsung maupun tidak langsung.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2014 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.