STUDI ANALISIS PERBANDINGAN DUA METODE PEMBELAJARAN AKTIF BERBASIS PEMBELAJARAN ABAD 21 PADA MATERI FISIKA DI SMA
Kata Kunci:
Daya tarik, Metode ED, Metode RPQ, PemahamanAbstrak
Pada akhir dekade sekarang ini, metode pembelajaran diarahkan untuk mengaktifkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Beberapa metode pembelajaran aktif telah dikembangkan dan diterapkan, Misalnya metode reading, presenting, and questioning (RPQ) dan experimenting and discussion (ED). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perbandingan metode RPQ dan ED terhadap daya tarik dan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran Fisika. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research)dengan sumber data menggunakan jurnal, paper, buku, dan berbagai sumber data yang mendukung. Pada metode RPQ, peserta didik membaca dan mempelajari sumber-sumber belajar berupa buku, jurnal maupun sumber belajar online dengan materi tertentu kemudian mempresentasikannya dalam bentuk powerpoint dan mendiskusikannya dalam bentuk tanya jawab. Pada metode ED, peserta didik melakukan eksperimen untuk materi tertentu kemudian dilanjutkan dengan mendiskusikannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kedua metode pembelajaran mampu meningkatkan daya tarik dan pemahaman Fisikatetapi dengan tingkatan yang berbeda; (2) peningkatan daya tarik dan pemahaman Fisika lebih tinggi dengan menggunakan metode ED dibandingkan dengan metode RPQ; (3) Peningkatan daya tarik dan pemahaman Fisika untuk laki-laki lebih tinggi dibandingkan perempuan dengan metode RPQ; (4) Peningkatan daya tarik dan pemahamanFisika untuk laki-laki sebanding perempuan dengan metode ED. Kesimpulan yang diperoleh adalah daya tarik dan pemahaman peserta didik tehadap Fisika dengan metode ED lebih tinggi dibandingkan dengan metode RPQ baik laki-laki maupun perempuan.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2014 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.