PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS BUDAYA BUGIS-MAKASSAR DI KELAS V SD NEGERI NO. 141 PAKKA KABUPATEN SINJAI
Kata Kunci:
Pembelajaran, Budaya, Bugis-Makassar, Kualitatif, EksplorasiAbstrak
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif bersifat eksplorasi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengeksplorasi aktivitas guru dalam pembelajaran matematika berbasis budaya Bugis-Makassar, (2) mengeksplorasi aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika berbasis budaya Bugis-Makassar, (3) mengetahui hasil belajar siswa, dan (4) mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran matematika berbasis budaya Bugis-Makassar. Instrumen yang digunakan adalah: (1) lembar observasi aktivitas guru, (2) lembar observasi aktivitas siswa, (3) wawancara, (4) tes hasil belajar, (5) angket sosiometri, dan (6) angket respon siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri No. 141 Pakka Kabupaten Sinjai tahun pelajaran 2011/2012 dengan membagi menjadi 7 kelompok secara heterogen selanjutnya diambil 1 kelompok untuk diamati secara keseluruhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas guru dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan model BBM telah sesuai dengan langkah-langkah pada fase pembelajaran, meski perlu diperhatikan pada aspek penanaman siri’ masiri’ dan sipakatau guru terhadap siswa, (2) aktivitas siswa yang mengarah kepada bentuk siri’ terpenuhi secara keseluruhan untuk siswa kemampuan tinggi, bergantung pada guru untuk siswa kemampuan sedang, untuk siswa kemampuan rendah bergantung pada guru, lingkungan sekitar, serta situasi dari luar sekolah. Aktivitas yang mengarah pada sikap pacce’ dan abbulosibatang untuk siswa kemampuan tinggi, sedang, dan rendah terpenuhi secara keseluruhan. Aktivitas yang mengarah pada sikap sipakatau untuk siswa kemampuan tinggi terpenuhi secara keseluruhan, untuk siswa kemampuan sedang terpenuhi sebagian besar meski terdapat perbedaan antara siswa laki-laki dan siswa perempuan di mana siswa perempuan lebih memperlihatkan sikap sipakatau. Sedangkan siswa kemampuan rendah terpenuhi sebagian besar aktivitas sipakatau. (3) hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran matematika berbasis budaya Bugis-Makassar meningkat, (4) respon siswa terhadap pembelajaran matematika berbasis budaya Bugis-Makassar secara umum berpendapat baik.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2014 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.