PERANAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA UNISMUH MAKASSAR
Kata Kunci:
Peranan Pendidikan Kewarganegaraan, Pendidikan Karakter, Kualitatif DeskriptifAbstrak
Pendidikan Kewarganegaraan mengemban misi dari tujuan Pendidikan Nasional untuk mewujudkan peserta didik yang berilmu dan berkarakter mulia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relevansi materi Pendidikan Kewarganegaraan dengan konsep Pendidikan Karakter dan pengintegrasian Pendidikan Karakter oleh guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Unismuh Makassar, serta implementasi peserta didik terhadap nilai-nilai karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) relevansi materi pendidikan kewarganegaraan dengan konsep pendidikan karakter di SMP Unismuh Makassar Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Relevansi materi Pendidikan Kewarganegaraan dengan konsep pendidikan karakter di SMP Unismuh Makassar adalah mengintegrasikan nilai-nilai karakter dari pendidikan karakter yang relevan dengan materi Pendidikan Kewarganegaraaan pada proses pembelajaran; (ii) pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui tiga tahapan yaitu: 1) tahap perencanaan, 2) tahapan pelaksanaan pembelajaran, dengan dan tahap penilaian; (iii) implementasi nilai-nilai karakter pada peserta didik SMP Unismuh Makassar, merupakan wujud dari pengembangan nilai-nilai karakter yang dilakukan pada proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui pembiasaan baik di dalam kelas maupun di luar kelas.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2015 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.