THE EFFECTIVENESS OF VIDEO PROJECT TO IMPROVE STUDENTS’ SPEAKING SKILL AT ELEVENTH GRADE STUDENTS OF SMA MUHAMMADIYAH 9 MAKASSAR
Kata Kunci:
Video Project, Speaking SkillAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan keterampilan berbicara siswa dengan menggunakan Media Video Project dalam pembelajaran pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 9 Makassar. Penelitian ini menggunakan Pre-experimental Design dengan one group pre-test and post-test design. . Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA Muhammadiyah 9 Makassar yang diambil dengan teknik purposive sampling yang terdiri dari 15 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Video Project efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam hal kefasihan. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata dalam hal kelancaran pre-test adalah 72.2 dan nilai rata-rata post-test 82.26. Artinya, nilai rata-rata post-test lebih besar dari nilai rata-rata pre-test. uji. Kemudian peningkatan keterampilan berbicara siswa dalam hal kefasihan adalah 13,57 %. Kemudian nilai t-test dalam kefasihan hitung lebih besar dari nilai t-tabel (14,7 > 1,761). (H1) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test dengan mengajar siswa menggunakan proyek video dalam keterampilan berbicara di SMA Muhammadiyah 9 Makassar.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2019 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.