AN ANALYSIS OF STUDENTS’ LINGUISTIC PROBLEM IN WRITING DESCRIPTIVE TEXT AT MTS MUHAMMADIYAH PALLEKO
Kata Kunci:
Linguistic, Grammatical error, WritingAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan masalah kebahasaan siswa dalam menulis teks deskriptif di MTs Muhammadiyah Palleko. Rumusan Masalah Penelitian Apa masalah kebahasaan tulisan siswa dalam teks deskriptif pada siswa kelas dua MTs Muhammadiyah Palleko. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kasus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Palleko yang berjumlah 20 siswa. Dalam menganalisis data, penulis mengumpulkan data dari siswa, mengidentifikasi kesalahan tata bahasa, mengklasifikasikan kesalahan dalam teks deskriptif menulis siswa untuk mengetahui frekuensi kesalahan, mengumpulkan data yang diambil, dan membuat persentase di setiap kategori. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan siswa pada keempat jenis kesalahan terdapat 27,9% kesalahan penghilangan, 13,1% kesalahan penambahan, 24,6% kesalahan pengurutan, 34,4% kesalahan malformasi. Penulis menemukan 61 total kesalahan. Penulis menyimpulkan bahwa omosi dan malformasi merupakan jenis kesalahan yang dominan dilakukan oleh siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Palleko. Guru disarankan untuk banyak berlatih tentang aturan tata bahasa dalam tes deskriptif untuk meminimalkan kesalahan. Selain itu, untuk peneliti lain, mereka memberikan beberapa teknik untuk meningkatkan ketangguhan siswa dalam menulis teks deskriptif
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2019 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.