THE USE OF MIND MAPPING TECHNIQUE TO DEVELOP THE STUDENTS SPEAKING ABILITY
Kata Kunci:
Mind Mapping Technique, Speaking Accuracy, ,Self-ConfidenceAbstrak
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan Teknik Mind Mapping efektif untuk meningkatkan akurasi berbicara siswa pada siswa kelas sebelas SMA Muhammadiyah Unismuh Makassar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II IPA 1 SMA Muhammadiyah Unismuh Makassar tahun ajaran 2018/2019. Subjek terdiri dari 24 siswa. Berdasarkan temuan, hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik mind mapping meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam hal ketepatan kosakata dalam berbicara. Hal ini dibuktikan dengan rerata skor ketepatan kosakata (8,2%) dari rerata skor tes pada siklus I yaitu 66,4 menjadi 74,6 pada tes akhir siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa skor keterampilan berbicara siswa dalam hal akurasi kosakata di setiap indikator pada siklus II lebih besar dari siklus II setelah menerapkan Mind Mapping sebagai teknik dalam pengajaran berbicara. Sebagai kesimpulan, penerapan teknik Mind Mapping dalam pengajaran berbicara sangat efektif. Teknik ini memiliki pengaruh positif dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam berbicara. Dan kepercayaan diri siswa berpengaruh terhadap prestasi berbicara siswa.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2019 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.