THE EFFECTIVENESS OF USING VIDEO DOCUMENTATION TO IMPROVE THE STUDENTS’ ABILITY TO WRITE DESCRIPTIVE PARAGRAPH IN RFL CLASS
Kata Kunci:
Videos Documentation,, Writing Skill, VocabularyAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis siswa berkaitan dengan kosakata untuk siswa kelas tujuh SMP Negeri 1 Sungguminasa, Gowa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan melakukan pre-experimental design, dimana dalam metode ini peneliti menggunakan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Sungguminasa, dengan jumlah populasi 256 siswa dan sampel sebanyak 32 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel Independen penggunaan dokumentasi video dan variabel dependen kemampuan siswa menulis paragraf deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kosakata siswa pada post-test lebih besar dari nilai rata-rata pra -tes (29,67>41,15), peningkatan sebesar 38,70% dari nilai post-test dan pre-test. Nilai t-test dalam hal kosakata lebih besar dari nilai t-tabel (13,27 > 2,453). Berdasarkan penjelasan tersebut dapat dimasukkan bahwa dokumentasi video meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam hal kosakata di siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sungguminasa, Gowa.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2019 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.