STUDENTS PERCEPTION TOWARDS ENGLISH DEBATE OF ENGLISH DEPARTMENT OF FKIP UKI TORAJA
Kata Kunci:
Students’ Perception, English Debate, Qualitative Descriptive MethodAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang persepsi siswa terhadap debat bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Untuk mencapai tujuan penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui accidental sampling. Partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris UKI Toraja. Peneliti secara tidak sengaja memilih 8 siswa yang sudah lulus mata pelajaran Berbicara 4. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu, wawancara semi terstruktur. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap debat bahasa Inggris adalah: Debat bahasa Inggris adalah sebuah akademik, meningkatkan kemampuan berbicara mereka, dan meningkatkan cara berpikir siswa. Namun ada juga beberapa mahasiswa yang memberikan persepsi negatif terhadap debat bahasa Inggris sebagai hambatan dan kesulitan mereka dalam belajar bahasa Inggris. Berdasarkan hasil analisis data tersebut di atas, penulis menyimpulkan bahwa jurusan Bahasa Inggris FKIP UKI Toraja memiliki pengaruh positif persepsi terhadap debat bahasa Inggris. Hal ini dapat dibuktikan dengan membandingkan persepsi positif dan persepsi negatif. Persepsi positif lebih banyak daripada persepsi negatif.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2019 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.