CULTURAL CONTENT ANALYSIS OF ENGLISH TEXTBOOK AT SMK LANIANG MAKASSAR
Kata Kunci:
textbook, content analysis, cultural content, cultural senseAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan budaya apa yang diwakili dalam dua buku teks bahasa Inggris " Bahasa Inggris 2016 Edisi Revisi " dan Bagaimana budaya diwakili dalam dua buku teks bahasa Inggris " Bahasa Inggris 2016 Edisi Revisi.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Kepustakaan untuk mengetahui konten budaya dalam buku teks bahasa Inggris yang digunakan sekolah. Peneliti mengambil sampel 2 buku teks bahasa Inggris, dan dalam penelitian ini menggunakan dua kelas ada kelas sebagai gantinya untuk memeriksa buku. Kelas yang dipilih peneliti adalah kelas sepuluh dan sebelas dari SMK Laniang Makassar.Studi ini juga mengadopsi dua kerangka kerja dari Cortazzi dan Jin tentang jenis budaya dan kerangka kerja dari Adaskou, Britten dan Fahsi tentang Sense of culture. Analisis buku teks telah mengungkapkan beberapa temuan utama. Pertama, Bahasa Inggris untuk kelas X secara dominan disajikan melalui Budaya Sumber dibandingkan dengan Budaya Target dan Budaya Internasional. Di sisi lain, Bahasa Inggris untuk kelas XI sebagian besar disajikan melalui Budaya Target dibandingkan dengan Budaya Sumber dan Budaya Internasional. Kedua, budaya sebagian besar diwakili oleh Sense Pragmatis dibandingkan dengan Sense Estetika, Sense Semantik, dan Sosiologis dalam kedua buku pelajaran. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa ada kuantitas yang tidak seimbang di antara jenis budaya yang disajikan. Akibatnya, penelitian ini menunjukkan bahwa penulis buku teks bahasa Inggris harus memasukkan presentasi keseimbangan antara Budaya Sumber, Budaya Target dan Budaya Internasional.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.