THE USE OF ROLE PLAY METHOD TO IMPROVE STUDENTS’ VOCABULARY AT JUNIOR HIGH SCHOOL

Penulis

  • Amalia Rusman Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • St. Asriati AM Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Maharida Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia

Kata Kunci:

Role Play Method, Vocabulary

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang (1) Apakah metode bermain peran meningkatkan kosakata siswa dalam hal kata benda di siswa kelas VIII SMP Handayani Sungguminasa? (2) Apakah metode bermain peran meningkatkan kosa kata siswa dalam hal kata kerja pada siswa kelas VIII SMP Handayani Sungguminasa? Peneliti menggunakan metode pra-eksperimen. Itu berlaku pre-test dan post-test. Pra-tes diberikan kepada siswa untuk mengetahui peningkatan kosakata siswa dalam (kata benda dan kata kerja) sebelum memproses perawatan dan post-tes untuk mengetahui peningkatan siswa dalam kosakata (kata benda dan kata kerja) setelah perawatan. Populasi siswa kelas dua yang terdiri dari 90 siswa pada tahun akademik 2020/2021. Sedangkan sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan purposive sampling yang terdiri dari 30 siswa. Temuan peneliti menunjukkan bahwa peningkatan siswa kelas dua SMP Handayani Sungguminasa, meningkat setelah penerapan Metode Role Play. Itu dibuktikan dengan skor rata-rata pre-test adalah 81,44 dan post-test adalah 147,68 dan hasil dari t-test juga menunjukkan bahwa penggunaan metode role play efektif untuk meningkatkan kosa kata siswa karena t-test, 42,09, adalah lebih tinggi dari t-tabel, 1,699 (42,09> 1,699). Berdasarkan hasil yang disebutkan di atas, dapat disimpulkan bahwa pengajaran kosa kata dalam bahasa Inggris melalui metode role play berhasil dilaksanakan. Dengan kata lain, metode bermain peran membantu guru untuk meningkatkan kosa kata siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2020-06-28

Cara Mengutip

Rusman, A., AM, S. A. ., & Maharida. (2020). THE USE OF ROLE PLAY METHOD TO IMPROVE STUDENTS’ VOCABULARY AT JUNIOR HIGH SCHOOL. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 7(1), 20–35. Diambil dari https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/jkip/article/view/347

Terbitan

Bagian

Articles