STUDENTS’ PERCEPTION TOWARD BASIC WRITING OUTCOMES AT THIRD SEMESTER
Kata Kunci:
Students’ Perception, Intensive Writing, Paragraph WritingAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa setelah mempelajari materi Basic Writing Khususnya dalam pembelajaran Intensive dan Paragraph Writing. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan menggunakan wawancara semi terstruktur sebagai instrumen penelitian. Subjek penelitian adalah siswa semester tiga Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Makassar. Peneliti hanya memilih 15 siswa dari 204 siswa semester tiga di jurusan bahasa Inggris sebagai peserta. Peneliti menggunakan lima pertanyaan dan memberikannya kepada siswa untuk mengumpulkan data dan mengambil informasi yang terkait dengan pertanyaan dari peneliti. Hasil keseluruhan penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki pandangan positif terhadap materi Basic Writing. Para siswa dapat meningkatkan kreativitas mereka dalam menulis setelah belajar intensive dan paragraph writing terutama dalam mind mapping, capitalization dan kalimat sederhana (Simple Sentence). Namun, kebanyakan siswa juga masih mengalami kesulitan dalam memahami materi Paragraph Writing terutama dalam belajar tanda baca (Punctuation). Oleh karena itu, penelitian menyimpulkan dengan rekomendasi untuk penelitian masa depan.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.