AN ANALYSIS OF TEACHERS TALK MANAGEMENT USED BY ENGLISH TEACHER AT SMA YAPIP SUNGGUMINASA
Kata Kunci:
Teachers’ talkAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan fungsi manajemen bicara guru yang digunakan dalam proses pengajaran bahasa Inggris di SMA YAPIP Sungguminasa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah checklist observasi, wawancara dan rekaman video untuk mendukung mereka. Data dikumpulkan dari dua guru bahasa Inggris yang mengajar di kelas yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada dua jenis manajemen bicara guru yang digunakan oleh Guru A dan Guru B dalam proses pembelajaran yaitu memulai pelajaran, menjalankan, dan mengakhiri pelajaran. Manajemen bicara yang digunakan oleh Guru A di kelas XII MIA diklasifikasikan menjadi 13 bagian yaitu; salam sehari-hari, mengambil register, mulai bekerja, memulai sesuatu yang baru, membuat segalanya menjadi jelas, mengurutkan kegiatan, memeriksa kemajuan, menghentikan waktu, menghentikan pekerjaan, membuat pengumuman, mengucapkan selamat tinggal, dan membereskan kelas. Selanjutnya Guru B di kelas XI IIS diklasifikasikan menjadi 10 bagian yaitu; salam sehari-hari, mengambil register, mulai bekerja, memulai sesuatu yang baru, memperjelas, memeriksa kemajuan, memeriksa waktu, mengatur pekerjaan rumah, menghentikan pekerjaan, dan mengucapkan selamat tinggal. (2) Fungsi manajemen bicara guru yang dikatakan oleh dua guru bahasa Inggris adalah menyampaikan informasi, menyampaikan pelajaran dengan cara terstruktur, dan mengelola atau mengatur komunikasi. Oleh karena itu analisis manajemen bicara guru di kelas bermanfaat bagi guru untuk merencanakan dan melakukan peningkatan situasi belajar.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.