ANALYZING COHESIVE DEVICES IN THE STUDENTS NARRATIVE TEXT WRITTEN BASED ON FRONT OF THE CLASS MOVIE SCRIPT

Penulis

  • Marsella Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Ummi Khaerati Syam Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Andi Asri Jumiaty Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia

Kata Kunci:

Cohesive Devices, Narrative Text, Written

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis perangkat kohesif dalam teks narasi siswa yang ditulis berdasarkan Front of the Class skrip film di semester 3 Universitas Muhammadiyah Makassar.Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan 17 subjek dan menggunakan teori dari Halliday dan Hasan untuk menentukan jenis- jenis perangkat kohesif yang digunakan oleh mahasiswa.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa grammatical cohesion lebih banyak ditemukan daripada lexical cohesion. Persentase dari bagian grammatical cohesion adalah reference 54.6%, substitution 2.7%, ellipsis 0.5%, conjunction 30.5%. Sementara itu persentase dari bagian lexical adalah repetition 8.2%, synonym 0.5%, antonym 1.5%, and collocation 1.2%.Peneliti menyimpulkan bahwa pada umumnya tulisan narasi siswa disebut sebaai teks yang baik. Karena memiliki hubungan yang baik antara klausa dari tulisan siswa. Hal itu ditunjukkan dari semua jenis perangkat kohesif yang ditemukan dalam teks narasi siswa yang ditulis berdasarkan skrip film dari front of the class.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2020-12-31

Cara Mengutip

Marsella, Ummi Khaerati Syam, & Andi Asri Jumiaty. (2020). ANALYZING COHESIVE DEVICES IN THE STUDENTS NARRATIVE TEXT WRITTEN BASED ON FRONT OF THE CLASS MOVIE SCRIPT. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 7(2), 239–241. Diambil dari https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/jkip/article/view/378

Terbitan

Bagian

Articles