TEACHER QUESTIONING STRATEGIES TO ELICIT STUDENTS VERBAL RESPONSES IN CLASSROOM INTERACTION
Kata Kunci:
Teacher Questioning Strategies, Types of Question, Students ResponsesAbstrak
Strategi Bertanya telah lama dikenal sebagai salah satu alat penting dalam proses belajar mengajar. Strategi bertanya dapat membantu guru mengembangkan strategi mereka sendiri untuk meningkatkan pekerjaan dan pemikiran siswa. Sehingga guru dapat mengetahui pemahaman siswa tentang materi pelajaran. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bertanya guru bahasa Inggris dalam interaksi di kelas dan respon siswa terhadap pertanyaan guru. Peserta penelitian ini adalah guru bahasa Inggris dan 26 siswa di kelas X MIPA 1 pada tahun akademik 2019/2020 di SMAN 2 Wajo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan merekam wawancara dengan guru bahasa Inggris dan memberikan kuesioner kepada siswa. Transkrip Wawancara dengan guru dibuat. Berdasarkan temuan penelitian, guru bahasa Inggris di SMAN 2 Wajo biasanya menggunakan pertanyaan ya/tidak, pertanyaan jawaban singkat, dan menampilkan pertanyaan dalam interaksi kelas, temuan ini juga menunjukkan tanggapan siswa terhadap pertanyaan guru. Para siswa di SMAN 2 Wajo lebih suka menjawab: pertanyaan Ya/Tidak, pertanyaan Jawaban Singkat, dan pertanyaan tampilan lebih dari pada jenis pertanyaan guru lainnya. Penelitian ini juga menunjukkan, sebagian besar siswa setuju jika pertanyaan guru tidak mudah dijawab, dan juga siswa lebih suka diam jika guru mengajukan pertanyaan karena siswa merasa panik, bingung, gugup, dan takut.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.