TEACHER QUESTIONING STRATEGIES TO ELICIT STUDENTS VERBAL RESPONSES IN CLASSROOM INTERACTION

Penulis

  • Andi Mutia Ratih Gunawan Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Erwin Akib Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Hj Ilmiah Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia

Kata Kunci:

Teacher Questioning Strategies, Types of Question, Students Responses

Abstrak

Strategi Bertanya telah lama dikenal sebagai salah satu alat penting dalam proses belajar mengajar. Strategi bertanya dapat membantu guru mengembangkan strategi mereka sendiri untuk meningkatkan pekerjaan dan pemikiran siswa. Sehingga guru dapat mengetahui pemahaman siswa tentang materi pelajaran. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bertanya guru bahasa Inggris dalam interaksi di kelas dan respon siswa terhadap pertanyaan guru. Peserta penelitian ini adalah guru bahasa Inggris dan 26 siswa di kelas X MIPA 1 pada tahun akademik 2019/2020 di SMAN 2 Wajo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan merekam wawancara dengan guru bahasa Inggris dan memberikan kuesioner kepada siswa. Transkrip Wawancara dengan guru dibuat. Berdasarkan temuan penelitian, guru bahasa Inggris di SMAN 2 Wajo biasanya menggunakan pertanyaan ya/tidak, pertanyaan jawaban singkat, dan menampilkan pertanyaan dalam interaksi kelas, temuan ini juga menunjukkan tanggapan siswa terhadap pertanyaan guru. Para siswa di SMAN 2 Wajo lebih suka menjawab: pertanyaan Ya/Tidak, pertanyaan Jawaban Singkat, dan pertanyaan tampilan lebih dari pada jenis pertanyaan guru lainnya. Penelitian ini juga menunjukkan, sebagian besar siswa setuju jika pertanyaan guru tidak mudah dijawab, dan juga siswa lebih suka diam jika guru mengajukan pertanyaan karena siswa merasa panik, bingung, gugup, dan takut.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2021-06-28

Cara Mengutip

Gunawan, A. M. R. ., Erwin Akib, & Hj Ilmiah. (2021). TEACHER QUESTIONING STRATEGIES TO ELICIT STUDENTS VERBAL RESPONSES IN CLASSROOM INTERACTION . Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 8(1), 14–21. Diambil dari https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/jkip/article/view/381

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama