ANALYSIS OF COLLOCATION ON PERSUASIVE TEXT BY STUDENTS OF SENIOR HIGH SCHOOL AT SMA YAPIP MAKASSAR SUNGGUMINASA
Kata Kunci:
Analyzed, Collocation, Persuasive TextAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara mengidentifikasi kolokasi pada teks persuasif dan kesulitan siswa dalam mengidentifikasi kolokasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dapat menerapkan metode kualitatif yang digunakan untuk menganalisis dan mengidentifikasi kata-kata kolokasi pada teks persuasif. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sebagai teknik pemilihan sampel, instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Yapip Makassar Sungguminasa yang terdiri dari kelas IPA dan IPS. Peneliti mengambil satu kelas yaitu kelas IPA 1, jumlah mata pelajaran sebanyak 25 siswa. Hasil siswa menganalisis kolokasi (do, make, have, get and go) dengan membaca teks persuasif. Berdasarkan temuan dan diskusi menunjukkan siswa mengidentifikasi kata kolokasi (lakukan, buat, dapatkan dan pergi) dengan membaca teks persuasif dalam menganalisis kata-kata dengan jawaban yang benar dan siswa mendapat skor rata-rata 42 dengan mengidentifikasi kolokasi dan yang paling sering kesulitan siswa menganalisis kata kolokasi adalah get and have, go and have.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.