TEACHING CREATIVE WRITING IN IMPROVING THE STUDENTS’ WRITING SKILL IN JUNIOR HIGH SCHOOL
Kata Kunci:
Writing, Creative Writing, Writing SkillAbstrak
Citra Wahyuningsih, 2019. Proyek akhir ini adalah tentang mengajar penulisan kreatif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa di SMP (A Pre-Experimental Reaserch in VIII kelas siswa SMPN 1 Siompu Barat. Sebuah tesis dari Pragram studi pendidikan bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendididkan. Universitas Muhammadiyah Makassar, dipandu oleh Erwin Akib dan Muh. Asrtianto Setiadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan belajar siswa dalam menulis terutama pada ‘Content dan Grammar’ pada kelas delapan SMPN 1 Siompu Barat dengan menggunakan Creative Writing Technique. Pada penelitian ini digunakan design penelitian pra-eksperimental. Dan menggunakan dua variabel, yaitu mengajar teknik menggunakan kelas menulis kreatif dan efektivitas menulis kreatif bagi siswa dalam hal konten dan tata bahasa. Jumlah penduduknya adalah siswa kelas delapan SMPN 1 Siompu Barat. Jumlah sampel terdiri dari 30 siswa yang diambil dengan menggunakan total sampling technique. Hasil dari data menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara sebelum-tes siswa dan setelah-tes. Skor mean dari siswa dalam pra-tes dalam isi dan tata bahasa adalah 42,17 dan 39,27. Ini dikategorikan dalam miskin dan setelah pasca-Test adalah 72,17 dan 69,33, ini dikategorikan sebagai sangat baik dan baik. Hasil akhir dari penelitian menunjukkan bahwa nilai t-Test untuk Skor akhir dari keterampilan menulis siswa dalam istilah konten 21.88 > t-Table 1,669, dan tata bahasa 21.02 > t-Table 1,669. Dengan begitu dapat diikatakan bahwa hipotesis alternatif (H1) diterima dan null hipotesis (Ho) ditolak.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.