THE EFFECTIVENESS OF 9GAG APPLICATION AS AN ENGLISH TEACHING MEDIUM TO IMPROVE STUDENTS’ VOCABULARY
Kata Kunci:
9GAG Application, Vocabulary, Medium, Funny PictureAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kosa kata siswa di kelas 11 SMA PGRI Sungguminasa pada tahun 2019/2020 tahun akademik dalam hal aplikasi 9GAG sebagai media pengajaran bahasa Inggris. Penelitian ini adalah Pra-Eksperimental yang diimplementasikan pada 29 siswa di kelas XI IPS. Terdiri dari pre-test, memberikan perawatan, dan post-test. Pertemuan pertama memberikan pre-test, pertemuan kedua sampai kelima diberikan perawatan dan pertemuan kelima atau terakhir juga memberi siswa post-test. Setiap tes ada dua puluh lima pertanyaan untuk mengetahui penguasaan kosakata siswa. Temuan peneliti menunjukkan bahwa Aplikasi 9GAG sebagai media pengajaran bahasa Inggris yang efektif dapat meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Hasil data menunjukkan bahwa, ada perbedaan antara pre-test dan post-test siswa. Skor rata-rata post-test (85.24) lebih besar dari skor rata-rata pre-test (73.45). Dari t-test, penelitian menemukan bahwa, nilai t-test (5.668) lebih besar daripada uji-t (2.048) pada tingkat signifikansi 0,05 dengan derajat kebebasan (df) = 28. Artinya ada signifikansi perbedaan antara penguasaan kosakata siswa sebelum dan sesudah menggunakan Aplikasi 9GAG. Juga dikatakan bahwa hipotesis nol () ditolak dan alternatif () diterima. Berdasarkan temuan dan diskusi penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa, penggunaan Aplikasi 9GAG sebagai media teknologi bahasa Inggris dapat meningkatkan kosa kata siswa di kelas sebelas SMA PGRI Sungguminasa.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.