IMPROVING SPEAKING ABILITY BY USING BLINDFOLD
Kata Kunci:
Teaching Speaking, Blindfold Technique, ImprovementAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa dalam hal akurasi dengan kosa kata dan kelancaran dengan melalui Teknik Blindfold di kelas 8 I SMP Negeri 4 Sungguminasa. Metode dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian pra eksperimen yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sungguminasa dengan jumlah subjek 30 siswa dengan 15 wanita dan 15 pria. Instrumen dalam test ini adalah Tes berbicara dan observasi. Hasil data menunjukkan bahwa ada perbedaan antara pre-test dan post-test. Skor rata-rata kemampuan berbicara siswa juga lebih besar pada post-test daripada skor rata-rata pre-test (4,11. 3,37), dari t-test peneliti menemukan, nilai t-test (6,25) lebih besar daripada t-tabel (2,045) pada tingkat signifikansi 0,05 dengan derajat kebebasan (df) = 29, itu berarti ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan berbicara siswa sebelum dan sesudah menggunakan Blindfold Technique. Juga dikatakan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Hasil penelitian, Blindfold Technique meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Ada peningkatan yang signifikan dengan kemampuan berbicara siswa, terutama meningkatkan kemampuan siswa dalam akurasi dan kelancaran.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.