IMPROVING STUDENTS SPEAKING SKILLS THROUGH RETELLING STORY BY USING PICTURE SERIES
Kata Kunci:
Speaking Skill, Retelling Story, Picture SeriesAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada ketepatan berbicara (pengucapan dan kosakata) dan kelancaran berbicara (efektivitas) dengan Menggunakan cerita kembali dengan strategi seri gambar pada tahun kedua SMA Muhammadiyah Limbung. , Gowa. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneliti melakukan dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari beberapa pertemuan. Ini menggunakan tes berbicara sebagai sebuah instrumen. Jumlah subjek penelitian adalah 31 siswa di kelas XI IIS 1. Peneliti mengambil data nyata dari sekolah untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa. Hasil tes berbicara siswa pada siklus I dan siklus II memiliki skor yang sangat berbeda. Ada peningkatan yang lebih baik di akhir siklus kedua. Temuan penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode ini dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dan setelah evaluasi pada siklus I dan siklus II, skor rata-rata meningkat dari 6,3 pada siklus pertama menjadi 7 pada siklus kedua yang dikategorikan rata-rata. Keterampilan berbicara siswa berada di level rendah sebelum tes di siklus pertama dan posisi keterampilan berbicara siswa naik ke level tinggi setelah tes di siklus kedua. Dari temuan ini, peneliti membuat kesimpulan bahwa dengan menerapkan strategi adalah salah satu strategi pengajaran berbicara yang efektif dan menarik yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam hal pengucapan, kosa kata, dan efektivitas.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.