TEACHING CREATIVE WRITING IN IMPROVING THE STUDENTS’ WRITING SKILL IN JUNIOR HIGH SCHOOL

Penulis

  • Citra Wahyu Ningsih Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Erwin Akib Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Muhammad Astrianto Setiadi Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia

Kata Kunci:

Writing, Creative Writing, Students’ Writing Skill

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi prestasi siswa dalam isi dan tata bahasa melalui menulis creataif di kelas delapan SMPN 1 Siompu Barat. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pra-eksperimental. Ada dua variabel, mengajar teknik menggunakan kelas menulis kreatif dan efektivitas menulis kreatif bagi siswa dalam hal konten dan tata Bahasa. Populasi adalah siswa di kelas delapan SMPN 1 Siompu Barat. Sampel terdiri dari 30 siswa yang diambil dengan menggunakan total sampling. Instrumen tes menulis terdiri dari 6 item pertanyaan. Hasil data menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test siswa. Nilai rata-rata siswa pada pre-test dalam isi dan tata Bahasa adalah 42.17 dan 39.27, ini dikategorikan sangat buruk dan setelah post-test adalah 72.17 dan 69.33 menjadi baik. Hasil akhir dari penelitian menunjukkan bahwa nilai t-tes untuk skor akhir keterampilan berbicara siswa 21.02> t-tabel = 1.669, dikatakan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2021-12-28

Cara Mengutip

Citra Wahyu Ningsih, Erwin Akib, & Muhammad Astrianto Setiadi. (2021). TEACHING CREATIVE WRITING IN IMPROVING THE STUDENTS’ WRITING SKILL IN JUNIOR HIGH SCHOOL. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 8(2), 156–161. Diambil dari https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/jkip/article/view/397

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama