TEACHING CREATIVE WRITING IN IMPROVING THE STUDENTS’ WRITING SKILL IN JUNIOR HIGH SCHOOL
Kata Kunci:
Writing, Creative Writing, Students’ Writing SkillAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi prestasi siswa dalam isi dan tata bahasa melalui menulis creataif di kelas delapan SMPN 1 Siompu Barat. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pra-eksperimental. Ada dua variabel, mengajar teknik menggunakan kelas menulis kreatif dan efektivitas menulis kreatif bagi siswa dalam hal konten dan tata Bahasa. Populasi adalah siswa di kelas delapan SMPN 1 Siompu Barat. Sampel terdiri dari 30 siswa yang diambil dengan menggunakan total sampling. Instrumen tes menulis terdiri dari 6 item pertanyaan. Hasil data menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test siswa. Nilai rata-rata siswa pada pre-test dalam isi dan tata Bahasa adalah 42.17 dan 39.27, ini dikategorikan sangat buruk dan setelah post-test adalah 72.17 dan 69.33 menjadi baik. Hasil akhir dari penelitian menunjukkan bahwa nilai t-tes untuk skor akhir keterampilan berbicara siswa 21.02> t-tabel = 1.669, dikatakan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc-nd/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.