TEACHING CREATIVE WRITING IN IMPROVING THE STUDENTS’ WRITING SKILL IN JUNIOR HIGH SCHOOL
Kata Kunci:
Writing, Creative Writing, Students’ Writing SkillAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi prestasi siswa dalam isi dan tata bahasa melalui menulis creataif di kelas delapan SMPN 1 Siompu Barat. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pra-eksperimental. Ada dua variabel, mengajar teknik menggunakan kelas menulis kreatif dan efektivitas menulis kreatif bagi siswa dalam hal konten dan tata Bahasa. Populasi adalah siswa di kelas delapan SMPN 1 Siompu Barat. Sampel terdiri dari 30 siswa yang diambil dengan menggunakan total sampling. Instrumen tes menulis terdiri dari 6 item pertanyaan. Hasil data menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test siswa. Nilai rata-rata siswa pada pre-test dalam isi dan tata Bahasa adalah 42.17 dan 39.27, ini dikategorikan sangat buruk dan setelah post-test adalah 72.17 dan 69.33 menjadi baik. Hasil akhir dari penelitian menunjukkan bahwa nilai t-tes untuk skor akhir keterampilan berbicara siswa 21.02> t-tabel = 1.669, dikatakan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.