USING COMMUNICATIVE LANGUAGE TEACHING APPROACH TO IMPROVE STUDENTS’ SPEAKING ABILITY
Kata Kunci:
Communicative Language Teaching, Speaking ability, accuracy and fluencyAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Communicative Language Teaching Approach meningkatkan kemampuan berbicara siswa dalam hal Akurasi dan kelancaran berbicara pada Siswa Kelas VII SMP N 2 Baranti. Penelitian ini melibatkan satu kelas siswa kelas VII SMP N2 Baranti. Instrumen untuk mengumpulkan data adalah tes berbicara. Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis data berdasarkan analisis akurasi dan kelancaran dalam berbicara siswa. Dalam pengumpulan data, peneliti memberikan tes berbicara, tes berbicara dilakukan dalam dua tahap, yaitu pre-test dan post-test. Peneliti menggunakan uji (t) untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test dalam hal pengucapan adalah (3,69) dan post-test adalah (6,89). Nilai rata-rata dalam pre-test dalam hal kelancaran adalah (4,43) dan post-test adalah (5,83). Dan hasil total pengucapan dan kehalusan atau X1 adalah (4,06) dan post-test adalah atau X2 adalah (6,31). Jadi, hal ini menunjukkan siswa mengalami peningkatan dalam keterampilan berbicara mereka setelah diajarkan melalui Pendekatan Pengajaran Bahasa Komunikatif, kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Inggris menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.