THE IMPACT OF DIGITAL CONTENT ON STUDENTS’ WRITING SKILL

Penulis

  • Muwahhidullah A.F Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Muh. Arif Paturusi Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Sitti Maryam Hamid Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia

Kata Kunci:

Writing, Descriptive Paragraph, Digital Content, Grammarly Keyboard, Blogger, Language Use

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari konten digital mempengaruhi keahlian menulis siswa dalam hal penggunaan tata bahasa. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental kuantitatif. Peneliti menggunakan konten digital yaitu Grammarly Keyboard and Blogger sebagai media pembelajaran. Jenis penulisan yang digunakan adalah deskriptif paragraph. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan pre-test dan post-test dengan enam pertemuan perlakuan. Sampelnya adalah 28 siswa kelas sebelas SMA Negeri 14 Makassar. Penganalisaan data menggunakan rumus dari Gay yang mana menghitung nilai menulis, nilai rata-rata, persentase peningkatan, dan nilai t-test.Penelitian ini menemukan bahwa di pre-test, nilai rata-rata siswa dalam hal penggunaan tata bahasa adalah 57. Di post-test, nilai rata-rata siswa dalam hal penggunaan tata bahasa adalah 68. Peningkatan 19%. Nilai t-test yaitu 3.14 lebih tinggi daripada nilai t-tabel yaitu 1.7033. Maka, hipotesis alternative (H1) diterima. Ini menunjukkan bahwa adanya dampak positif dan peningkatan nilai menggunakan konten digital (Grammarly Keyboard dan Blogger) sebagai media pembelajaran pada keahlian menulis siswa dalam hal penggunaan tata bahasa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-06-30

Cara Mengutip

A.F, M. ., Muh. Arif Paturusi, & Sitti Maryam Hamid. (2022). THE IMPACT OF DIGITAL CONTENT ON STUDENTS’ WRITING SKILL . Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 9(1), 36–44. Diambil dari https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/jkip/article/view/408

Terbitan

Bagian

Articles