THE IMPACT OF DIGITAL CONTENT ON STUDENTS’ WRITING SKILL
Kata Kunci:
Writing, Descriptive Paragraph, Digital Content, Grammarly Keyboard, Blogger, Language UseAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari konten digital mempengaruhi keahlian menulis siswa dalam hal penggunaan tata bahasa. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental kuantitatif. Peneliti menggunakan konten digital yaitu Grammarly Keyboard and Blogger sebagai media pembelajaran. Jenis penulisan yang digunakan adalah deskriptif paragraph. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan pre-test dan post-test dengan enam pertemuan perlakuan. Sampelnya adalah 28 siswa kelas sebelas SMA Negeri 14 Makassar. Penganalisaan data menggunakan rumus dari Gay yang mana menghitung nilai menulis, nilai rata-rata, persentase peningkatan, dan nilai t-test.Penelitian ini menemukan bahwa di pre-test, nilai rata-rata siswa dalam hal penggunaan tata bahasa adalah 57. Di post-test, nilai rata-rata siswa dalam hal penggunaan tata bahasa adalah 68. Peningkatan 19%. Nilai t-test yaitu 3.14 lebih tinggi daripada nilai t-tabel yaitu 1.7033. Maka, hipotesis alternative (H1) diterima. Ini menunjukkan bahwa adanya dampak positif dan peningkatan nilai menggunakan konten digital (Grammarly Keyboard dan Blogger) sebagai media pembelajaran pada keahlian menulis siswa dalam hal penggunaan tata bahasa.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.