KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE EXPERENTIAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MARE KABUPATEN BONE

Penulis

  • Runimeirati Universitas Megarezky Makassar
  • Andi Dian Sartika Universitas Megarezky Makassar

Kata Kunci:

Experential Learning, Eksperimental, Menulis Cerpen, Siswa SMA, Kelas Homogen, Siswa Laki-Laki

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan metode experential learning dalam pembelajaran menulis cerpen siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan jenis eksperimental pada kelas homogen yang memiliki tingkat kecerdasan siswa seimbang, terdapat control group dan experimental group. Hasil penelitian dari analisis data deskriptif ada kelompok eksperimental (X1) yaitu tidak ada siswa yang mampu memperoleh skor 100 sebagai skor maksimal. Skor tertinggi yaitu 95 yang diperoleh oleh 2 orang siswa dan skor terendah yang diperoleh oleh 1 orang siswa adalah 58. Adapun untuk kelompok kontrol (X2) yaitu tidak ada siswa yang mampu memperoleh skor 100 sebagai skor maksimal. Sehingga disimpukkan bahwa nilai rata-rata nilai kemampuan siswa dalam menulis cerpen melalui metode experiential learning (kelas eksperimen) adalah 7,5, sedangkan rata-rata nilai kemampuan menulis cerpen tanpa menggunakan metode experiential learning (kelas kontrol) adalah 6. Hasil perhitungan perbandingan koefisien nilai rata-rata siswa (t hitung) antara kelas eksperimen (X1) dan kelas kontrol (X2) yang diperoleh sebesar 1,81 lebih besar dari t tabel pada taraf signifikan 95%, yaitu t.s 0,95= 1,70. Oleh karena t hitung lebih besar daripada t tabel pada taraf signifikan 95%, maka hipotesis nol (HO) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Dengan demikian, penggunaan metode experiential learning meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri I Mare Kabupaten Bone.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-12-28

Cara Mengutip

Runimeirati, & Sartika, A. D. (2022). KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE EXPERENTIAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MARE KABUPATEN BONE. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 9(2). Diambil dari https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/jkip/article/view/499

Terbitan

Bagian

Articles