KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE EXPERENTIAL LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MARE KABUPATEN BONE
Kata Kunci:
Experential Learning, Eksperimental, Menulis Cerpen, Siswa SMA, Kelas Homogen, Siswa Laki-LakiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan metode experential learning dalam pembelajaran menulis cerpen siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan jenis eksperimental pada kelas homogen yang memiliki tingkat kecerdasan siswa seimbang, terdapat control group dan experimental group. Hasil penelitian dari analisis data deskriptif ada kelompok eksperimental (X1) yaitu tidak ada siswa yang mampu memperoleh skor 100 sebagai skor maksimal. Skor tertinggi yaitu 95 yang diperoleh oleh 2 orang siswa dan skor terendah yang diperoleh oleh 1 orang siswa adalah 58. Adapun untuk kelompok kontrol (X2) yaitu tidak ada siswa yang mampu memperoleh skor 100 sebagai skor maksimal. Sehingga disimpukkan bahwa nilai rata-rata nilai kemampuan siswa dalam menulis cerpen melalui metode experiential learning (kelas eksperimen) adalah 7,5, sedangkan rata-rata nilai kemampuan menulis cerpen tanpa menggunakan metode experiential learning (kelas kontrol) adalah 6. Hasil perhitungan perbandingan koefisien nilai rata-rata siswa (t hitung) antara kelas eksperimen (X1) dan kelas kontrol (X2) yang diperoleh sebesar 1,81 lebih besar dari t tabel pada taraf signifikan 95%, yaitu t.s 0,95= 1,70. Oleh karena t hitung lebih besar daripada t tabel pada taraf signifikan 95%, maka hipotesis nol (HO) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Dengan demikian, penggunaan metode experiential learning meningkatkan kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri I Mare Kabupaten Bone.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.