NARRATIVE TEXT COMPREHENSION BY EIGHTH YEAR STUDENTS OF SMP NEGERI 3 SALUPUTTI

Penulis

  • Viktor Siumarlata Universitas Kristen Indonesia,Toraja,Indonesia

Kata Kunci:

Students' Competencies, Quantitative, Narrative Text, Comprehension

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa mahir siswa kelas VIII SMP NEGERI 3 Saluputti dalam memahami teks narrative. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan tes tertulis. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Saluputti tahun pelajaran 2017-2018. Karena populasinya besar, penulis menggunakan cluster sampling dan memilih 22 siswa sebagai sampel. Penulis mengumpulkan data dengan menggunakan tes tertulis. Tes tertulis digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami teks naratif. Analisis data menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Saluptti mampu memahami teks naratif. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata 69,31 dan dikategorikan cukup. Berdasarkan hasil analisis data, penulis menyimpulkan bahwa siswa SMP Negeri 3 Saluputti yang berusia delapan tahun memiliki kompetensi yang cukup dalam memahami teks naratif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2019-12-30

Cara Mengutip

Siumarlata, V. (2019). NARRATIVE TEXT COMPREHENSION BY EIGHTH YEAR STUDENTS OF SMP NEGERI 3 SALUPUTTI. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 6(2), 235–245. Diambil dari https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/jkip/article/view/928

Terbitan

Bagian

Articles