BAHAYA PENGGUNAAN GADGET BAGI KESEHATAN ANAK USIA DINI DI SEKOLAH DASAR KELURUHAN BORIMASUNGGU KECAMATAN LABAKKANG KABUPATEN PANGKAJENE
Keywords:
The use of gadget, impact, childrenAbstract
Anak usia dini yang lahir pada era milineal ini adalah anak – anak yang termasuk generasi Z, yang dimana
mereka sangat akrab dengan berbagai teknologi, diantaranya gadget. Berbagai fitur yang ditawarkan
memiliki dampak positif bagi perkembangan anak usia dini, yang membuat anak dapat bermain sambil
belajar dengan memainkan berbagai permainan yang dapat menstimulasi aspek kognitif, motorik halus,
seni, bahasa bahkan aspek perkembangan nilai, agama dan moral. Namun, disaat penggunaan gadget
tidak dapat lagi di kontrol dan juga menjadi suatu ketergantungan yang berlebihan justru akan
memunculkan kecenderungan yang negatif bagi kehidupan seseorang tak terkecuali anak – anak. Jika di
masa kanak – kanak sudah kecanduan dan terkena dampak negatif oleh gadget, maka perkembangan
anak pun akan terhambat, karena pengalaman masa kecil mempunyai pengaruh yang kuat terhadap
perkembangan berikutnya. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan sosialisasi ini ialah kualitatif,
karena kami selaku penulus ingin mencari dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan anak
usia dini baik itu dampak negatif maupun dampak positif di 3 sekolah yakni SDN 07 Kayumate, SDN 37
Turungan dan SDN 06 Moncongbori. Dengan cara pengumpulan data secara deskriptif melalui observasi
langsung, dengan melihat keadaan dilokasi tentang bagaimana anak – anak sekolah dasar di Kelurahan
Borimasunggu terhadap bahaya penggunaan gadget dalam kehidupan mereka. Yang dimana dengan hasil menunjukkan bahwa sosialisasi yang kami laksanakan dari ketiga sekolah ini tepat di Kelurahan
Borimasunggu, memberikan hasil 80% anak – anak di sekolah dasar menggunakan atau mengakases
gadget yang berdampak postif dan negatif bagi kesehatan dan tumbuh kembang mereka.
References
Afharrozi, Afharrozi. 2024. “Investigasi Dampak Perceraian Orang Tua Terhadap Motivasi Dan Prestasi Santri Di Pondok
esantren.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 7(9):9465–73. doi: 10.54371/jiip.v7i9.5298.
Apriliyanti, Fressi, Fattah Hanurawan, and Ahmad Yusuf Sobri. 2021. “Keterlibatan Orang Tua Dalam Penerapan Nilai-Nilai Luhur Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(1):1–8. doi: 10.31004/obsesi.v6i1.595.
Ardiansyah, Risnita, and M. Syahran Jailani. 2023. “Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif.” Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam 1(2):1–9. doi: 10.61104/ihsan.v1i2.57.
Argiyan Dwi Pritama, Gustin Setyaningsih, Muhammad Ikhsan Maulana, Rafi Rahmat Dani, Muhamad Awiet Wiedanto Prasetyo, and Toni Anwar. 2024. “Peningkatan Pengetahuan Penggunaan Gadget Pada Pelajar Dalam Menyikapi Perkembangan Game Yang Mengakibatkan Ketergantungan Bagi Penggunanya.” Kesejahteraan Bersama : Jurnal Pengabdian Dan Keberlanjutan Masyarakat 1(3):76–86. doi: 10.62383/bersama.v1i3.329.
Ariston, Yummi, and Frahasini Frahasini. 2018. “DAMPAK PENGGUNAAN GADGET BAGI PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK SEKOLAH DASAR.” Journal of Educational Review and Research 1(2):86. doi: 10.26737/jerr.v1i2.1675.
Budi, Jesrien, Hudali Mukti, and Arbain Arbain. 2025. “Pencegahan Kenakalan Generasi Z Melalui Edukasi Sadar Hukum Di MTs Al-Hidayah Samboja Kelurahan Tanjung Harapan.” Journal of Empowerment and Community Service (JECSR) 4(1):1–7. doi: 10.53622/jecsr.v4i1.322.
Bujuri, Dian Andesta, Mayang Sari, Tutut Handayani, and Agra Dwi Saputra. 2023. “Penggunaan Media Sosial Dalam Pembelajaran: Analisis Dampak Penggunaan Media Tiktok Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 10(2):112. doi: 10.30659/pendas.10.2.112-127.
Fitriani Dzulfadhilah. 2023. “Psikoedukasi Peran Orang Tua Dalam Mengawasi Penggunaan Gadget Anak Usia Dini Di Era Digital.” ECEJ : Early Childhood Education Journal 1(1):6–13. doi: 10.62330/ecej.v1i1.7.
Hidayat, Arifin Hidayat. 2023. “Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini Di Desa Ujunggurap Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua.” Jurnal Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 4(2):317–34. doi:
24952/bki.v4i2.6534.
Hidayat, Fahrul, Hernisawati Hernisawati, and Aprezo Pardodi Maba. 2021. “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Kepribadian Anak Sekolah Dasar: Studi Kasus Pada Siswa ‘X.’” Jurnal Humaniora Dan Ilmu Pendidikan 1(1):1–13. doi:
35912/jahidik.v1i1.226.
Maharani, Indira, Nafisa Sufi Nabila, Nashita Kalila Wibowo, Grace Michelle Immanuella, and Nur Aini Rakhmawati. 2024. “Analisis Penelitian Penyimpangan Penggunaan Dating APPS Di Surabaya.” Jurnal Sosial Dan Teknologi Terapan AMATA 3(1):22–29. doi: 10.55334/sostek.v3i1.166.
Masykura Setiadi, Fadlan, Sri Maryati, and Angge Sapto Mubharokkh. 2024. “Analisis Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologis Dan Keagamaan Anak Usia Dini (TK Dan SD) Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam.” Muaddib: Islamic Education Journal 7(1):1–11. doi: 10.19109/muaddib.v7i1.24432.
Muhammad Crystandy, and Sapriadi. 2023. “Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Dan Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan 2(2):139–45. doi: 10.31004/jerkin.v2i2.229.
Nida, Taufiqqurahman. 2019. “Pendidikan Karakter Perilaku Sosial Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Keluarga Di Kota Banjarmasin.” Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan 8(1):75. doi: 10.18592/tarbiyah.v8i1.3009.
Patimah, Leli, and Yusuf Tri Herlambang. 2021. “Menanggulangi Dekadensi Moral Generasi Z Akibat Media Sosial Melalui Pendekatan Living Values Education (LVE).” PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran 5(2):150. doi: 10.26858/pembelajar.v5i2.18359.
Ramadani, Wahyuni, Gilang Septiansyah, Rezkia Djohar, Muhammad Syukur, and Ibrahim Arifin. 2023. “Analisis Media Sosial Tiktok Terhadap Perubahan Tingkah Laku Siswa Di SMPN 11 Maros Baru.” COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and Development 2(12):2952–59. doi: 10.59141/comserva.v2i12.705.
Tengkue, Anggreini Angelina, Adika Putri Manein, Angelica Elisabeth, and Irene Preisilia Ilat. 2024. “Dampak Penggunaan Gadget Berlebihan Terhadap Kesehatan Fisik Dan Mental Remaja.” MATHESI: Jurnal Pendidikan Dan Bimbingan Konseling 1(1):16–26. doi: 10.70420/qsps7423.
Wulandari, Herni, Dessy Hasanah Siti Asiah, and Meilanny Budiarti Santoso. 2021. “PENGAWASAN ORANGTUA TERHADAP ANAK USIA PRASEKOLAH DALAM MENGGUNAKAN GAWAI.” Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM) 2(1):46. doi: 10.24198/jppm.v2i1.33437.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasyiatul Aisyiyah Sulawesi Selatan (JPMNAS)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.