Sosialisasi Anti Korupsi pada Siswa Sekolah Dasar Desa Panaikang: Menanamkan Nilai-Nilai Moral pada Anak Usia Dini

Authors

  • Zulkarnain Zulkarnain Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ekardin Maharuddin Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muhammad Ramadhan Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Vira Yuniar Rusman Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sulastri Sulastri Universitas Muhammadiyah Makassar

Keywords:

Siswa, Sosialisasi, Anti Korupsi

Abstract

Sosialisasi anti korupsi merupakan langkah strategis yang bertujuan untuk menanamkan nilainilai kejujuran, tanggung jawab, dan integritas sejak dini, khususnya kepada siswa Sekolah Dasar
di Desa Panaikang. Kegiatan ini dirancang agar tidak hanya menyampaikan informasi secara
teoritis, tetapi juga menekankan pentingnya pengalaman langsung dan penghayatan nilai-nilai
tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pelaksanaannya, metode penelitian yang digunakan
mencakup observasi, wawancara, dan forum group discussion (FGD) sebagai pendekatan
partisipatif untuk menggali pemahaman dan tanggapan siswa secara lebih mendalam. Melalui
observasi, tim peneliti dapat melihat perilaku dan respon siswa dalam menerima materi
sosialisasi, sementara wawancara memberikan ruang bagi siswa untuk mengungkapkan
pandangan pribadi mereka terhadap isu korupsi. FGD juga menjadi media efektif dalam
membangun diskusi yang mendorong pemikiran kritis serta kolaboratif di antara siswa. Hasil dari
kegiatan ini menunjukkan bahwa siswa mampu memahami konsep dasar anti korupsi, termasuk
pentingnya menjunjung kejujuran dan menolak segala bentuk kecurangan. Pemahaman tersebut
tercermin dalam cara siswa menanggapi situasi yang berpotensi memunculkan tindakan tidak
bermoral, seperti mencontek, mengambil barang yang bukan miliknya, atau berbohong untuk
keuntungan pribadi. Hal ini memberikan harapan bahwa pembentukan karakter antikorupsi
dapat dimulai dari usia dini melalui pendekatan yang sesuai dengan dunia anak-anak. Dengan
demikian, generasi muda Desa Panaikang diharapkan tumbuh menjadi individu yang memiliki
kesadaran moral kuat dan tidak mudah terjerumus ke dalam praktik-praktik koruptif di masa
depan

References

Apriliani, Meli, Sheila Aulia Putri, and Untszaa Unzzila. 2024. “Peningkatan Partisipasi

Aktif Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model

Pembelajaran Kolaboratif Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

(3):9. doi: 10.47134/pgsd.v1i3.493.

Buchori Muslim, Mohammad, and Achmad Hariri. 2023. “PERAN PEMERINTAH DAERAH

DALAM MEREDUKSI TINDAK PIDANAA KORUPSI DI DAERAH.” Mendapo: Journal of

Administrative Law 4(1):63–74. doi: 10.22437/mendapo.v4i1.23442.

Fitriyani, Anindyta, and Muhamad Parhan. 2024. “NATIONAL CHARACTER BUILDING

MELALUI PENDIDIKAN HUMANISTRIK KI HAJAR DEWANTARA DALAM

MERESPONS STEREOTIPE MANUSIA INDONESIA.” Journal Civics And Social Studies

(1):36–50. doi: 10.31980/journalcss.v8i1.991.

Karima, Nisa Cahaya, Salsabil Hasna Ashilah, Alifia Sekar Kinasih, Putri Haura Taufiq, and

Latipah Hasnah. 2022. “Pentingnya Penanaman Nilai Agama Dan Moral Terhadap

Anak Usia Dini.” Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak 17(2):273–92. doi:

24090/yinyang.v17i2.6482.

Manurung, Kosma. 2022. “MENCERMATI PENGGUNAAN METODE KUALITATIF DI

LINGKUNGAN SEKOLAH TINGGI TEOLOGI.” FILADELFIA: Jurnal Teologi Dan

Pendidikan Kristen 3(1):285–300. doi: 10.55772/filadelfia.v3i1.48.

Monica, Sella, and Siti Aisyah Br Sipayung. 2024. “Aspek-Aspek Yang Mempengaruhi

Penerimaan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini.” Ability: Journal of

Education and Social Analysis 13–25. doi: 10.51178/jesa.v5i3.2033.

Mustoip, Sofyan. 2023. “ANALISIS PENILAIAN PERKEMBANGAN DAN PENDIDIKAN

KARAKTER DI KURIKULUM MERDEKA SEKOLAH DASAR.” PANDU : Jurnal

Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum 1(3):144–51. doi:

59966/pandu.v1i3.470.

Nafisah, Aisyah Durrotun, Aini Sobah, Nur Alawiyah Kharisma Yusuf, and Hartono

Hartono. 2022. “Pentingnya Penanaman Nilai Pancasila Dan Moral Pada Anak Usia

Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(5):5041–51. doi:

31004/obsesi.v6i5.1865.

Susilawati, Eni, Saleh Sarifudin, and Suyitno Muslim. 2021. “INTERNALISASI NILAI

PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN MELALUI PENERAPAN PROFIL PELAJAR

PANCASILA BERBANTUAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR.” Jurnal Teknodik

–67. doi: 10.32550/teknodik.v25i2.897.

Tokan, Pius Kopong, Yustina Pacifica Maria Paschalia, and Syaputra Artama. 2022.

“Pencegahan Demam Berdarah Melalui Program Juru Pemantau Jentik (Jumantik)

Di SD Inpres Watujara Kabupaten Ende.” I-Com: Indonesian Community Journal

(2):310–19. doi: 10.33379/icom.v2i2.1534.

Zannatunnisya, Zannatunnisya, Abdi Syahrial Harahap, Asmidar Parapat, and Almanah

Rambe. 2024. “Efektivitas Internaliasi Nilai Spiritual Melalui Pendidikan Karakter

Pada Anak Usia Dini Di PAUD Ummul Habibah, Kecamatan Hamparan Perak.” JIM:

Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah 9(4):624–34. doi:

24815/jimps.v9i4.32931.

Downloads

Published

2025-05-17

How to Cite

Zulkarnain, Z., Maharuddin, E., Ramadhan, M. ., Rusman, V. Y. ., & Sulastri, S. (2025). Sosialisasi Anti Korupsi pada Siswa Sekolah Dasar Desa Panaikang: Menanamkan Nilai-Nilai Moral pada Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasyiatul Aisyiyah Sulawesi Selatan (JPMNAS), 2(1), 8–14. Retrieved from https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/jpmnas/article/view/1804

Issue

Section

Articles
Loading...