Sosialisasi Anti Korupsi pada Siswa Sekolah Dasar Desa Panaikang: Menanamkan Nilai-Nilai Moral pada Anak Usia Dini
Keywords:
Siswa, Sosialisasi, Anti KorupsiAbstract
Sosialisasi anti korupsi merupakan langkah strategis yang bertujuan untuk menanamkan nilainilai kejujuran, tanggung jawab, dan integritas sejak dini, khususnya kepada siswa Sekolah Dasar
di Desa Panaikang. Kegiatan ini dirancang agar tidak hanya menyampaikan informasi secara
teoritis, tetapi juga menekankan pentingnya pengalaman langsung dan penghayatan nilai-nilai
tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pelaksanaannya, metode penelitian yang digunakan
mencakup observasi, wawancara, dan forum group discussion (FGD) sebagai pendekatan
partisipatif untuk menggali pemahaman dan tanggapan siswa secara lebih mendalam. Melalui
observasi, tim peneliti dapat melihat perilaku dan respon siswa dalam menerima materi
sosialisasi, sementara wawancara memberikan ruang bagi siswa untuk mengungkapkan
pandangan pribadi mereka terhadap isu korupsi. FGD juga menjadi media efektif dalam
membangun diskusi yang mendorong pemikiran kritis serta kolaboratif di antara siswa. Hasil dari
kegiatan ini menunjukkan bahwa siswa mampu memahami konsep dasar anti korupsi, termasuk
pentingnya menjunjung kejujuran dan menolak segala bentuk kecurangan. Pemahaman tersebut
tercermin dalam cara siswa menanggapi situasi yang berpotensi memunculkan tindakan tidak
bermoral, seperti mencontek, mengambil barang yang bukan miliknya, atau berbohong untuk
keuntungan pribadi. Hal ini memberikan harapan bahwa pembentukan karakter antikorupsi
dapat dimulai dari usia dini melalui pendekatan yang sesuai dengan dunia anak-anak. Dengan
demikian, generasi muda Desa Panaikang diharapkan tumbuh menjadi individu yang memiliki
kesadaran moral kuat dan tidak mudah terjerumus ke dalam praktik-praktik koruptif di masa
depan
References
Apriliani, Meli, Sheila Aulia Putri, and Untszaa Unzzila. 2024. “Peningkatan Partisipasi
Aktif Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model
Pembelajaran Kolaboratif Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
(3):9. doi: 10.47134/pgsd.v1i3.493.
Buchori Muslim, Mohammad, and Achmad Hariri. 2023. “PERAN PEMERINTAH DAERAH
DALAM MEREDUKSI TINDAK PIDANAA KORUPSI DI DAERAH.” Mendapo: Journal of
Administrative Law 4(1):63–74. doi: 10.22437/mendapo.v4i1.23442.
Fitriyani, Anindyta, and Muhamad Parhan. 2024. “NATIONAL CHARACTER BUILDING
MELALUI PENDIDIKAN HUMANISTRIK KI HAJAR DEWANTARA DALAM
MERESPONS STEREOTIPE MANUSIA INDONESIA.” Journal Civics And Social Studies
(1):36–50. doi: 10.31980/journalcss.v8i1.991.
Karima, Nisa Cahaya, Salsabil Hasna Ashilah, Alifia Sekar Kinasih, Putri Haura Taufiq, and
Latipah Hasnah. 2022. “Pentingnya Penanaman Nilai Agama Dan Moral Terhadap
Anak Usia Dini.” Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak 17(2):273–92. doi:
24090/yinyang.v17i2.6482.
Manurung, Kosma. 2022. “MENCERMATI PENGGUNAAN METODE KUALITATIF DI
LINGKUNGAN SEKOLAH TINGGI TEOLOGI.” FILADELFIA: Jurnal Teologi Dan
Pendidikan Kristen 3(1):285–300. doi: 10.55772/filadelfia.v3i1.48.
Monica, Sella, and Siti Aisyah Br Sipayung. 2024. “Aspek-Aspek Yang Mempengaruhi
Penerimaan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini.” Ability: Journal of
Education and Social Analysis 13–25. doi: 10.51178/jesa.v5i3.2033.
Mustoip, Sofyan. 2023. “ANALISIS PENILAIAN PERKEMBANGAN DAN PENDIDIKAN
KARAKTER DI KURIKULUM MERDEKA SEKOLAH DASAR.” PANDU : Jurnal
Pendidikan Anak Dan Pendidikan Umum 1(3):144–51. doi:
59966/pandu.v1i3.470.
Nafisah, Aisyah Durrotun, Aini Sobah, Nur Alawiyah Kharisma Yusuf, and Hartono
Hartono. 2022. “Pentingnya Penanaman Nilai Pancasila Dan Moral Pada Anak Usia
Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(5):5041–51. doi:
31004/obsesi.v6i5.1865.
Susilawati, Eni, Saleh Sarifudin, and Suyitno Muslim. 2021. “INTERNALISASI NILAI
PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN MELALUI PENERAPAN PROFIL PELAJAR
PANCASILA BERBANTUAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR.” Jurnal Teknodik
–67. doi: 10.32550/teknodik.v25i2.897.
Tokan, Pius Kopong, Yustina Pacifica Maria Paschalia, and Syaputra Artama. 2022.
“Pencegahan Demam Berdarah Melalui Program Juru Pemantau Jentik (Jumantik)
Di SD Inpres Watujara Kabupaten Ende.” I-Com: Indonesian Community Journal
(2):310–19. doi: 10.33379/icom.v2i2.1534.
Zannatunnisya, Zannatunnisya, Abdi Syahrial Harahap, Asmidar Parapat, and Almanah
Rambe. 2024. “Efektivitas Internaliasi Nilai Spiritual Melalui Pendidikan Karakter
Pada Anak Usia Dini Di PAUD Ummul Habibah, Kecamatan Hamparan Perak.” JIM:
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah 9(4):624–34. doi:
24815/jimps.v9i4.32931.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasyiatul Aisyiyah Sulawesi Selatan (JPMNAS)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.