Partisipasi Mahasiswa KKP Sebagai Tenaga Pengajar Di TK/TPA Sebagai Bentuk Implementasi Penerapan Nilai-Nilai AIK Di Desa Taeng

Authors

  • Andi Adnan Dwi Putra Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Siti Dwi Hamdalah Suarga Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sitti Rahmawati Universitas Muhammadiyah Makassar

Keywords:

Al-Qur’an, Pengajaran, AIK

Abstract

Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) merupakan lembaga pendidikan non formal yang berfungsi untuk
menanamkan nilai-nilai agama islam dan mengajarkan kemampuan membaca, menulis, dan memahami AlQur'an, khususnya kepada anak-anak usia dini hingga remaja. Pendidikan di TPA (Taman Pendidikan AlQur'an) bertujuan untuk memberikan pembelajaran agama Islam kepada anak-anak, terutama terkait
dengan kemampuan membaca, memahami, dan mengamalkan ajaran Al-Qur'an. Secara umum pendidikan
di TPA bertujuan untuk membekali kemampuan anak membaca Al-Qur’an, mengajarkan akhlak mulia, adab,
dan nilai-nilai keislaman sesuai ajaran Al-Qur’an dan Hadist, mengajarkan doa dan praktik ibadah, serta
mengajarkan anak-anak untuk bersosialisasi, bekerja sama, dan saling membantu dalam ukhuwah
islamiyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mengeksplorasi secara mendalam proses
pengajaran membaca Al-Qur'an di Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA) serta implementasi nilai-nilai AlIslam dan Kemuhammadiyahan (AIK) dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pengintegrasian nilai-nilai Muhammadiyah dalam pembelajaran di TPA, seperti kejujuran, kedisiplinan, dan
kerja sama, terbukti efektif dalam membentuk karakter Islami santri. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini
telah berjalan dengan baik karena memberikan dampak positif sebagai wujud nyata dari kontribusi
mahasiswa KKP dengan TK TPA di Desa Taeng dalam meningkatkan nilai-nilai agama pada anak-anak TK
TPA.

References

Hidayah TN, F. L. (2024). Penerapan Ice Breaking dalam Meningkatkan SemangatBermain Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.37985/murhu m.v5i2.980

Raya, J., Karangsalam, B., Banyumas, K., & Tengah, J. (2023). Sosialisasi Bahaya Pernikahan Dini sebagai Upaya Pencegahan Stunting. WIKUACITYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (1), 44 – 49. https://doi.org/10.56681/wikuac itya.v2i1.50

Wahyuni, H., Sukasih, A., Sulastri, A., Silaban, D. M., Aida, E. F., & Samudra, W. (2023). Sosialisasi Bahaya Pernikahan Dini Di Sma Negeri 2 Batang Hari. Journal of Community Service (JCOS), 1(3), 89–94. https://doi.org/10.56855/jcos.v1 i3.362

Wastuti, S. N. ., & Ramadhani, N. S. (2022). Mendidik Toleransi Beragama Siswa. Analisis Tentang Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Media Film. Fitrah: Journal of Islamic Education, 3 (2), 101–113. http://jurnal.staisumateramedan.ac.id/fitrah

Fitriani, R., & Iskandar, M. (2023). Pengaruh Pendidikan dan Sosialisasi tentang Bahaya Pernikahan Dini Terhadap Penurunan Angka Pernikahan Anak. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 6(1), 112–118. https://doi.org/10.31092/jpm.v6i 1.125

Kusumaningtyas, R., & Amalia, D. (2023). Meningkatkan Kesadaran Remaja terhadap Dampak Pernikahan Dini melalui Sosialisasi di Sekolah. Jurnal Pendidikan Sosial dan Kewarganegaraan, 9(2), 47-55. https://doi.org/10.33117/jpsk.v9 i2.121

Pratiwi, A., & Setiawati, D. (2022). Sosialisasi Bahaya Pernikahan Dini dan Dampaknya terhadap Kesehatan Reproduksi. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 12(1), 69–74. https://doi.org/10.14412/jkm.v1 2i1.345

Downloads

Published

2025-05-30

How to Cite

Dwi Putra, A. A. ., Hamdalah Suarga, S. D., & Rahmawati, S. . (2025). Partisipasi Mahasiswa KKP Sebagai Tenaga Pengajar Di TK/TPA Sebagai Bentuk Implementasi Penerapan Nilai-Nilai AIK Di Desa Taeng. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasyiatul Aisyiyah Sulawesi Selatan (JPMNAS), 4(2), 61–68. Retrieved from https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/jpmnas/article/view/1837

Issue

Section

Articles
Loading...