ANALISIS PERBEDAAN STRATEGI BELAJAR SISWA WANITA DAN PRIA DI KELAS II SMA GUNUNG SARI MAKASSAR
Kata Kunci:
Strategi Pembelajaran, , Siswa Perempuan, Siswa Laki-LakiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran bahasa yang digunakan oleh siswa perempuan kelas dua belas dalam pembelajaran bahasa Inggris dan juga untuk mengetahui strategi pembelajaran bahasa yang digunakan oleh siswa laki-laki kelas dua belas dalam pembelajaran bahasa Inggris di SMA Gunung Sari Makassar. Peneliti menerapkan Metode Deskriptif Kualitatif. Sampel penelitian ini adalah Siswa Kelas X1I yang diambil secara cluster random sampling. Dalam menganalisis data yang terkumpul, peneliti menggunakan data Kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang besar antara frekuensi setiap strategi yang digunakan siswa. Dengan strategi langsung untuk siswa perempuan strategi yang paling sering digunakan adalah strategi memori yang digunakan (Skor Rata-rata 3,19) yang biasa digunakan oleh siswa dan diikuti oleh strategi kompensasi (Skor Rata-Rata: 2,96). Strategi kognitif (Skor Rata-rata: 2,61) dan untuk pria strategi yang paling sering digunakan adalah strategi kognitif (Skor Rata-Rata: 2,74), strategi memori (Skor Rata-Rata: 2,32) kompensasi (Skor Rata-Rata:2,32) . Sedangkan strategi tidak langsung untuk siswa perempuan yang paling sering menggunakan strategi adalah strategi metakognitif (Skor rata-rata: 3,16), strategi afektif (Skor rata-rata: 3,08), strategi sosial (Skor rata-rata: 2,11), dan untuk laki-laki yang paling sering menggunakan strategi. adalah strategi afektif (Skor rata-rata: 3,34). Strategi metakognitif (Skor rata-rata: 3,10), dan strategi sosial (Skor rata-rata: 2,93). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa strategi memori ditemukan sebagai strategi yang paling sering digunakan oleh siswa perempuan dan strategi afektif ditemukan sebagai strategi yang paling sering digunakan oleh siswa laki-laki.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2019 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.