THE USE OF PREDICT, MARK, OUTLINE, RECITE AND EVALUATE (PMORE) PROCEDURE TO ENHANCE THE STUDENTS’ READING COMPREHENSION

Penulis

  • indriani. Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Sulfasyah Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Radiah Hamid Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia

Kata Kunci:

Predict, Mark, Outline, Recite and Evaluate (PMORE), Procedure Reading Comprehension.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman membaca siswa dengan metode Predict, Mark, Outline, Recite and Evaluate (PMORE) yang berfokus pada ide pokok pendukung ide dan kesimpulan pada siswa kelas X MA Aisyiyah Sungguminasa. Penelitian ini menggunakan Pre-experimental Research yang dilakukan dalam bentuk pre-test dan post-test. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA Aisyiyah Sungguminasa yang berjumlah 51 siswa dari 2 kelas. Sampel penelitian ini adalah Kelas X IPA yang berjumlah 22 siswa dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling. Peneliti menggunakan tes sebagai instrumen. Hasil penelitian ini, ditemukan bahwa pemahaman membaca siswa adalah perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata pre-test dan post-test. Nilai rata-rata pre-test adalah 62,77 dan nilai rata-rata post-test adalah 72,95. Kemudian peningkatan pemahaman membaca siswa dapat meningkat sebesar 16,21%. Ini berarti bahwa skor post-test lebih besar dari skor rata-rata pre-test. Kemudian hitung nilai t-test untuk pemahaman bacaan adalah 5,22 dan t-tabel untuk pemahaman bacaan adalah 2,080. Artinya t-test lebih besar dari t-tabel. Hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Prosedur Predict, Mark, Outline, Recite and Evaluate (PMORE) efektif untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas X MA Aisyiyah Sungguminasa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2019-06-29

Cara Mengutip

indriani., Sulfasyah, & Radiah Hamid. (2019). THE USE OF PREDICT, MARK, OUTLINE, RECITE AND EVALUATE (PMORE) PROCEDURE TO ENHANCE THE STUDENTS’ READING COMPREHENSION. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 6(1), 70–79. Diambil dari https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/jkip/article/view/301