DEVELOPING THE STUDENTS’ SPEAKING SKILLS TROUGH IMPROMPTU SPEECH METHOD
Kata Kunci:
Language, Speaking Skill, Impromptu Speech MethodAbstrak
Bahasa merupakan salah satu media untuk berkomunikasi dengan orang lain dan keterampilan berbicara merupakan keterampilan yang paling banyak diterapkan dalam perilaku berbahasa dan merupakan cara manusia berkomunikasi satu sama lain. Di sisi lain, kemampuan penguasaan berbicara merupakan ukuran untuk mengetahui seberapa jauh seorang siswa telah menguasai bahasa, tetapi untuk menguasai keterampilan berbicara siswa mengalami beberapa kesulitan dalam mengembangkan keterampilan berbicaranya. Oleh karena itu, pidato dadakan sebagai metode alternatif bagi guru dan dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan berbicara siswa.Penelitian ini akan menggunakan penelitian kuantitatif berupa desain eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket, peneliti akan memberikan pre-test dan post-test, tujuan tes untuk mengetahui pengetahuan siswa tentang kemampuan berbicara dan juga perlakuan dalam 5 pertemuan untuk menerapkan pidato dadakan metode. Kemudian peneliti juga akan menggunakan kuesioner untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap proses belajar mengajar. Sampel penelitian akan dipilih secara non-random dengan menggunakan Purposive sampling. Sebanyak 38 siswa (kelas XI Bahasa Indonesia) akan menjadi sampel penelitian ini dan penelitian ini akan dilakukan di MAN 1 POLMAN.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2019 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.