THE EFFECTIVENESS OF MIND MAPING TECHNIQUE TO IMPROVE THE STUDENTS’ SPEAKING SKILL AT THE ELEVENTH GRADE OF SMA MUHAMMADIYAH 1 UNISMUH
Kata Kunci:
Effectiveness, Mind Maping, Speaking SkillAbstrak
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa di kelas sebelas SMA Muhammadiyah 1 Unismuh Makassar pada Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Pra Eksperimen yang dilaksanakan pada 22 siswa di kelas XI IPA. Terdiri dari Pre-Test, memberikan perawatan, dan Post-Test. Pertemuan pertama memberikan Pra-tes, kedua sampai enam pertemuan memberikan pengobatan, dan pertemuan terakhir memberi siswa Post test. Setiap tes ada empat pertanyaan untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa. Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling karena merupakan teknik terbaik dalam memastikan keterwakilan sampel dari populasi yang dapat diakses. Temuan peneliti menunjukkan bahwa Mind Maping efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. dimana instrumen penelitian ini adalah tes yang digunakan dalam pre-test dan post-test. Hasil data menunjukkan bahwa, ada perbedaan antara pre-test dan post-test siswa. Skor rata-rata post-test (76,8) lebih besar dari skor rata-rata pre-test (36,8). Dari uji-t, peneliti menemukan bahwa, nilai uji-t (5,0) lebih besar daripada uji-t (2,080) pada tingkat signifikansi 0, 05 dengan derajat kebebasan (df) = 21. hasil menunjukkan bahwa t Nilai tes untuk skor akhir keterampilan berbicara siswa adalah (5,0> 2,080). Ini berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan antara keterampilan berbicara siswa sebelum dan sesudah menggunakan mind maping. Juga dikatakan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Berdasarkan temuan dan diskusi penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa, penggunaan Teknik Mind Maping dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2019 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.