THE USE OF QUESTION – ANSWER INSTRUCTION IN TEACHING READING COMPREHENSION
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman membaca siswa dengan menggunakan Instruksi Tanya Jawab pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Disamakan Makassar. Peneliti menerapkan penelitian pra-eksperimental. Peneliti telah melakukan pre-test, perawatan dan post-test. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Disamakan Makassar tahun akademik 2018/2019. Jumlah sampel penelitian ini adalah 12 siswa. Variabelnya adalah variabel dependen dan independen. Variabel terikat adalah pemahaman bacaan siswa dalam pengertian literal dan pemahaman interpretatif, sedangkan variabel bebas adalah instruksi menjawab pertanyaan. Nilai t-test Pemahaman Literal (ide utama) lebih besar dari t-tabel (3,78> 2,20) dan nilai uji-t dari Pemahaman Interpretatif (kesimpulan) lebih besar dari t-tabel (4,95> 2,20). Nilai uji-t lebih besar dari t-tabel. Dikatakan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Ini berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan antara, hasil dari pemahaman membaca literal dan interpretatif siswa dalam membaca melalui Instruksi Tanya Jawab setelah perawatan.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.