THE EFFECTIVENESS OF QUORA APPLICATION TO IMPROVE STUDENTS’ READING SKILL

Penulis

  • Anis Lisdayanti Irwan Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Nur Qalbi Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Muh Arief Muhsin Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia

Kata Kunci:

Reading Comprehension, Quora Application, Experimental Research

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meenemukan keefektifan dari aplikasi Quora terhadap pemahaman membaca siswa dalam ketentuan ide pokok dan kesimpuan di XI IPA 2 dari SMA Negeri 2 Takalar. Metode penelitian ini, peneliti menggunkan penelitian pre-experiment di XI IPA 2 SMA Negeri 2 Takalar dengan jumlag subjek 30 siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes membaca. Hasil dari indikasi data bahwa terdapat perbedaan antara pre-test dan post-test siswa. Nilai rata-rata dari post-test dalam pemahaman membaca siswa lebih baik dari pre-test dalam ketentuan ide pokok (5.4>3.06) dan dalam ketentuan kesimpulan (4.6>2.73). Dari T-test peneliti menemukan, nilai t-test lebih baik dari t-table (6.115>1.699) di tingkat signifikan 0.05 dengan tingkat kebebasan = 29, itu berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan diantara pemahaman membaca siswa sebelum dan setelah menggunakan aplikasi Quora. Itu juga dikatakan bahwa hipotesis null (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Hasil dari penelitian ini, aplikasi Quora efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2020-06-28

Cara Mengutip

Irwan, A. L. ., Nur Qalbi, & Muh Arief Muhsin. (2020). THE EFFECTIVENESS OF QUORA APPLICATION TO IMPROVE STUDENTS’ READING SKILL. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 7(1), 104–113. Diambil dari https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/jkip/article/view/354

Terbitan

Bagian

Articles