THE EFFECTIVENESS OF QUORA APPLICATION TO IMPROVE STUDENTS’ READING SKILL
Kata Kunci:
Reading Comprehension, Quora Application, Experimental ResearchAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meenemukan keefektifan dari aplikasi Quora terhadap pemahaman membaca siswa dalam ketentuan ide pokok dan kesimpuan di XI IPA 2 dari SMA Negeri 2 Takalar. Metode penelitian ini, peneliti menggunkan penelitian pre-experiment di XI IPA 2 SMA Negeri 2 Takalar dengan jumlag subjek 30 siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes membaca. Hasil dari indikasi data bahwa terdapat perbedaan antara pre-test dan post-test siswa. Nilai rata-rata dari post-test dalam pemahaman membaca siswa lebih baik dari pre-test dalam ketentuan ide pokok (5.4>3.06) dan dalam ketentuan kesimpulan (4.6>2.73). Dari T-test peneliti menemukan, nilai t-test lebih baik dari t-table (6.115>1.699) di tingkat signifikan 0.05 dengan tingkat kebebasan = 29, itu berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan diantara pemahaman membaca siswa sebelum dan setelah menggunakan aplikasi Quora. Itu juga dikatakan bahwa hipotesis null (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Hasil dari penelitian ini, aplikasi Quora efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.