THE EFFECTIVENESS OF BOARD RACE METHOD TO IMPROVE STUDENTS VOCABULARY MASTERY
Kata Kunci:
Effectiveness, Board Race method, Vocabulary, ImprovingAbstrak
Tujuan skripsi ini untuk mengetahui apakah Metode Board Race efektif dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa di kelas VIII SMP Jaya Negara, dalam hal kata benda dan kata kerja. Penelitian ini merupakan desain pra-eksperimental yang menggunakan pre-test dan post-test. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Jaya Negara dan peneliti mengambil sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian adalah 20 siswa. Instrumen penelitian adalah tes kosa kata yang terdiri dari 10 item pilihan ganda dan 10 item isian kosong dan masing-masing tes terdiri dari 5 kata benda dan 5 item kata kerja. Hasil data menunjukkan bahwa ada perbedaan antara pre-test dan post-test siswa. Skor rata-rata siswa sebelum ujian adalah 60% dan meningkat menjadi 84,56% setelah menerapkan metode Board Race. Selain itu, dari analisis t-test, diperoleh bahwa nilai t-test lebih besar dari t-tabel, penguasaan kosakata siswa pada kata kerja (5,85> 1,729) dan pada kata benda (4,37> 1,729). Oleh karena itu, hipotesis penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Null Hipotesis (H0) ditolak dan Hipotesis Alternatif (H1) diterima. Ini berarti bahwa Board Race efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa dalam hal kata benda dan kata kerja.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.