AN ANALISIS OF STUDENTS’ MISTAKE IN WRITING AT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
Kata Kunci:
Writing, Students Mistake, the causes of student mistake in writingAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kesalahan Siswa dalam Menulis. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah mahasiswa tahun kedua Universitas Muhammadiyah Makassar dengan menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian adalah teks tulis dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah tentang Kesalahan Siswa dalam Menulis. Analisis data siswa dari tes, menunjukkan 4 kategori kesalahan dalam kemampuan menulis, yaitu; kesalahan ejaan, kesalahan tata bahasa, kesalahan tanda baca, dan kesalahan penggunaan. Selain itu dengan hasil teks deskriptif menunjukkan bahwa sebagian besar siswa melakukan kesalahan pada kesalahan gammar dengan persentase poin 38%, dan disusul dengan kesalahan penggunaan dengan poin persentase 24%, selanjutnya kesalahan tanda baca 20%, dan yang terakhir adalah kesalahan ejaan dengan poin persentase 18%. Dan dari wawancara, siswa tidak fokus dalam belajar karena malas belajar, merasa mengantuk di kelas pada siang hari, kelaparan, mengobrol dengan temannya dan sibuk dengan gadgetnya. Kendala pada kemampuan siswa adalah beberapa siswa tidak memiliki gadget untuk digunakan dalam pembelajaran dan beberapa siswa tidak mengerti dengan materi yang diajarkan, beberapa siswa kekurangan kosa kata, siswa mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran grammar oleh dosen dan caranya. dosen memberikan pelajaran kepada mahasiswa.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.